IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI BA NURUL HIDAYAH SUMBERAGUNG KEPOHBARU BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.406Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui metode bermain peran di BA Nurul Hidayah, menjelaskan tiga hal : (1) Penerapan Metode Bermain Peran, (2) Perkembangan Pendidikan Karakter (3) Penilaian Perkembangan Karakter Anak. Penelitian deskripstif kualitatif ini menggunakan pendekatan (field research). Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama Kegiatan Bermain Peran tema profesi: (1) Guru menjelaskan aturan Main, (2) Guru berdialog tentang alat main (3) Guru membagi kelompok peran, (4) Guru mengabsen anak (5) Guru mendampingi bermain peran, (6) Anak bermain sesuai tempatnya. Kedua Pendidikan karakter melalui metode bermain peran: (1) Anak sabar menunggu giliran, (2) Anak tidak berebut (3) Anak meminta maaf saat melakukan kesalahan, (4) Anak menaati aturan main, (5) Anak membereskan mainan, (6) Anak bekerja sama dalam bermain. Ketiga penilaian perkembangan pendidikan karakter anak yang Belum Berkembang(0), Mulai Berkembang (4), Berkembang Sesuai Harapan (9), Berkembang Sangat Baik (6).
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Metode Bermain Peran, Anak Usia Dini.
References
Dewantara, Ki Hajar. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1997.
Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. 2012, dalam file pdf.
Goleman, D. Emotional Intelligence. Bantam Book, New York.Jeferson City. Retrieved 18 March 2010 from www.dese.state.mo.us. 1995.
Fatimah, St. Wawancara, Sumberagung, Kepohbaru, Bojonegoro, 30 Agustus 2021.
Gunarti, Winda. Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini. Tangerang: universitas Terbuka, 2017.
Kristiyani, Ari. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di PgTpa Alam Uswatun Khasanah Sleman Jogjakarta”, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, No.3, Oktober 2014.
Manis, Si. ”Kelebihan Dan Kekurangan Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Play) Lengkap”, dalam https://www.pelajaran.co.id/pengertian-aspek-tujuan-langkah-kelebihan-dan-kekurangan-metode-pembelajaran-bermain-peran-role-play/, diakses tanggal 19 Agustus 2021 pukul 10.08 WIB.
Maunah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa”. Jurnal Pendidikan Karakter,Vol Tahun V,No. 1, April, 2015.
Megawangi, R. Pendidikan Karakter, Solusi yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation. 2004.
Mulyasa. Manajemem PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Musrifah, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam”, Jurnal Edukasia Islamia, Vol 1, No.1, Desember, 2012.
Penaku, Goresan. ”prinsip pengembangan pendidikan karakter”, dalam PENDIDIKAN KARAKTER: Prinsip Pengembangan | GORESAN PENAKU (salida41092.blogspot.com), diakses tanggal 21 Agustus 2021 pukul 21:00 WIB.
Reza, Muhammad. “Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing)”, dalam Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) (mandandi.com), diakses tanggal 23 Agustus 2021 pukul 15:30 WIB.
Riadi, Muhlisin. “ Pengertian dan Jenis-Jenis Variabel Penelitian”, dalam Pengertian dan Jenis-jenis Variabel Penelitian - KajianPustaka.com, diakses tanggal 29 Agustus 2021 pukul 21.08 WIB.
Sugiyono, Metode pendidikan (pendekatan kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sujiono, Yuliana Nurani. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka, 2017.
TafsirQ.”Al-Luqman:17”, dalam Surat Luqman Ayat 17 | Tafsirq.com, diakses tanggal 1 Nopember 2021 pukul 09.30 WIB.
Watini, S. “Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 2019.
Zuraidah, Any. Wawancara, Sumberagung, Kepohbaru, Bojonegoro, 31 Agustus 2021.