IMPLEMENTASI SENTRA BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA ANAK DI TK ABA II SUMBERAGUNG SUMBERJO BOJONEGORO

Authors

  • Novi Dyah Ayu Putri
  • Luthfi Kholida Yonas

DOI:

https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.407

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dalam implementasi pelaksanaan sentra main peran dalam mengembangkan aspek kemampuan bahasa anak di TK ABA II Sumberagung Sumberjo Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelaksanaan sentra main peran dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK ABA II Sumberagung Sumberjo Bojonegoro dimulai dengan 1) Guru mengumpulkan anak-anak terlebih dahulu, 2) Guru menjelaskan aturan bermainya kepada anak-anak, 3) menjelaskan tema dan sub tema bermain peran pada hari itu, 4) membagi peran kepada anak sesuai dengan keinginan anak, 5) anak dapat melakukan kegiatan bermain peran, 6) guru mengawasi anak pada saat kegiatan bermain peran dilaksanakan.

Kata Kunci   : Sentra Main Peran, Bahasa, TK ABA II Sumberagung

References

Abdurrahman. 2019. Language Acquistion for Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 3 (1) 119-126. Dari https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:YqkDQkSo2egJ:https://osf.io/preprints/inarxiv/brekw/download+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d.

Aulina, C. N. (2014). Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(1), 2.

Delfita, R. 2012. Meningkatkan kemampuan Anak Melalui Permainan Gambar dalam Bak Pasir di Taman Kanak-kanak Bina Anapsara Mekar Sari Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol. 1(5). Dari https://scholar.google.com/scholar?safe=strict&client=ms-android-oppo&sxsrf=ACYBGNQ1Mxm1ugUjOckdtjLazjEEcgKYOg:1570719787053&um=1&ie=UTF-8&lr&q=related:wwZzKHSpjfZIcM:scholar.google.com/#d=gs_qabs&u=%23p%3DwwZzKHSpjfYJ

Dhieni, N, dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa.. Jakarta: Universitas Terbuka..

Hanurawan, F. 2016. Perspektif Alternatif dalam Psikologi Pendidikan. Malang:Universitas Negeri Malang.

Jerrine Pee, dkk. 2015. Impacts of an In-Service Education Program on Promoting Language Development in Young Children: A Pilot Study With Early Childhood Educators. Vol. 31(1)0 37-35. Dari https://doi.org/10.1177//02565659014537508.

Latif, M. 2013. Pendidikan Anak Usia DIni Teori dan Aplikasi. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Kurnia, D.S, & Fijriani, C. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68—79.

McDonald, D, dkk. 2019. Parent-Implemented Language Intervention Delivered by Therapy Assistants for Two-year-olds at Risk of Language Dificulties: A Case Series. Journals Permissions. Vol. 35(2) 113-124. Dari https://doi.org/10.1177//0265659019842244.

Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875

Silawati, E. 2015. Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. (Online). https://media.neliti.com/media/publications/240626-stimulasi-guru-pada-pembelajaran-bahasa-6a684cb9.pdf.

Undang-Undang Nomor 20 Sistem Pendidikan Nasioonal. 2003. Jakarta:Depdiknas.

Winda, G, Suryani, L, & Muiz, A. 2012. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-07-28

Issue

Section

Articles