MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV DI SDN MAYANGAN 2
DOI:
https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.415Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui tingkat keefektifitasnya penggunaan media interaktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Mayangan 2. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Peningkatan prestsi pada pembelajaran PAI melalui penerapan Multimedia Interaktif pada siswa kelas IV B di SDN Mayangan 2 Kota Probolinggo telah membuahkan hasil pencapaian dapat mendorong prestasi belajar peserta didik pada setiap tahapan kegiatan yang diterapkan dalam pelaksannan pra siklus dari tingkat ketuntasan belajar dari 16 siswa atau 57,1%% naik menjadi 19 siswa 67,8%meningkat, pada siklus II menjadi 24 siswa atau 85,7%.Ini berarti penerapan Multimedia Interaktif yang digunakan dalam pembelajaran berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa.
References
Bastari, E. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 1—174. http://repository.radenintan.ac.id/5912/1/SKRIPSI ELVINA BASTARI.pdf
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745—751.
Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 171—188. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047
Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122—131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581
Nauli Thaib, E. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384—399. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485
Prasetiya, B. (2019). Mengungkap Analisis Dan Evaluasi Kebijakan Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Conciencia, 19(2), 99—111. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4395
Riadi, A. (2018). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMALB NEGERI TENGGARONG Oleh: Akhmad Riadi  Abstrak. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15—32.
Sulfemi, W. B. (2018). PENGARUH DISIPLIN IBADAH SHOLAT, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166—178. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31—42.
Yulisna, 1Munawar Rahmat, E. S. . (2016). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BERAGAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V SD SE-GUGUS PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH INHIL RIAU. JURNAL STUDI AGAMA, 16(1).
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745—751.
Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 171—188. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047
Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122—131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581
Nauli Thaib, E. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384—399. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485
Prasetiya, B. (2019). Mengungkap Analisis Dan Evaluasi Kebijakan Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Conciencia, 19(2), 99—111. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4395
Sulfemi, W. B. (2018). PENGARUH DISIPLIN IBADAH SHOLAT, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166—178. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31—42.
Yulisna, 1Munawar Rahmat, E. S. . (2016). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BERAGAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V SD SE-GUGUS PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH INHIL RIAU. JURNAL STUDI AGAMA, 16(1).