IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR “DISLEKSIA” ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.426Abstract
Dislekesia merupakan kesulitan belajar yang seringkali ditemukan oleh tenaga pendidik baik di tingkat Pendidikan taman kanak-kanan maupun Pendidikan dasar. Dimana banyak tenaga pendidik yang masih kesulitan dalam mengenali anak didiknya yang mengalami kesulitan belajar jenis disleksia. Disleksia adalah salah satu bentuk kesukaran dalam belajar yang berbentuk kesulitan dalam membaca atau melafalkan susunan kata, dimana ada kerusakan dalam otak ketika menerima proses pengolahan informasi, yang tidak ditimbulkan oleh kapasitas visual, auditori, intelegensi maupun keterampilan dalam berbicara. Dengan melakukan identifikasi pada anak merupakan upaya atau langkah penting dalam menentukan dan menemukan kesulitan belajar “Disleksia”. Sehingga tenaga pendidik dapat menentukan langkah selanjutnya dalam melakukan assessment dan rencana pembelajaran yang tepat bagi anak didiknya. Jika Disleksia dikenali lebih awal, maka tenaga pendidik dapat memberikan intervensi dari sejak awal. Sehingga dapat memperoleh hasil yang sangat baik atau sebaliknya ketika Disleksia ditemukan terlambat maka akan berdampak tidak baik pada sosial maupun emosional anak yang dapat menjadi gangguan. Metode yang dilakukan dalam mengenali anak yang mengalami kesukaran dan permasalahan dalam belajar Disleksia yaitu dengan melakukan pengamatan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, juga dengan menggunakan wawancara dan tes baik berupa tes yang diberikan oleh tenaga pendidik sesuai dengan standar Pendidikan yang berlaku maupun tes psikologi yang sudah baku. Ciri-ciri Disleksia pada anak usia dini : Biasanya lebih sering mencampur kata-kata atau frasa, mengalami kesulitan dalam mengulang bunyi atau rima dan irama atau ritme, Kesulitan dalam mengingat nama, Mengalami keterlambatan dalam perkembangan Bahasa, Senang ketika dibacakan buku, akan tetapi tidak tertarik dengan huruf maupun kata dalam kalimat, Terkadang mengalami kesulitan dalam memakai pakaian.
Kata kunci: Identifikasi, Kesulitan Belajar Disleksia, Anak Usia Dini.
References
Arif, Nurhaini. 2019. Kunci Mendidik Dan Mengasuh Anak Disleksia. Yogyakarta: Familia.
Dewi, Kristiantini. “DISLEKSIA (Si Pintar yang Sulit Membaca)”. https://indigrow.wordpress.com. diakses pada tanggal 11 Januari 2022.
Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21—32.
Kementerian Pendidikan Nasional, (2010). Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Jakarta.
Iza Syahroni, Rofiqoh, W., & Latipah, E. (2021). Ciri-Ciri Disleksia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 62—77. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1326
Loeziana. (2017). Urgensi Mengenal Ciri Disleksia. Jurnal Pendidikan Keguruan, 3(2), 42—58. http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/1698/1235
Madinatul Munawaroh, & Anggrayni, N. T. (2016). Mengenali Tanda-Tanda Disleksia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia., 167—171. http://repository.upy.ac.id/409/1/artikel madinatul.pdf
Pratiwi, I., Hapsari, F. D., & Argo, C. B. (2015). Pembelajaran Teknik Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Disleksia. Universitas PGRI Yogyakarta, 143.
Rofiah, N. H. (2015). Proses Identifikasi: Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia Bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi. Inklusi, 2(1), 109. https://doi.org/10.14421/ijds.020110
Saadah, V., & Hidayah, N. (2013). Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Empathy, 1(1), 39—52.
Shanty, Meita. (2014). Semua Hal Yang Harus Diketahui Tentang Disleksia. Yogyakarta: Familia.
Suparno, (2008). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta:Dirjen DIKTI
Tri Wulan Sari, Anna Vitara, M. P. P. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Disleksia Untuk Mengurangi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan. Universitas PGRI Yogyakarta, 149.
Thomson, Jennny, (2014). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus terjemahan Eka Widayati. Jakarta: Erlangga
Widyorina, Endang dan Julia Maria van Tiel. (2017). Disleksia: Deteksi Diagnosisi Penanganan Di Sekolah Dan Dirumah. Jakarta: Prenada.
http://www.alodokter.com/disleksia. diakses pada 11 Januari 2022.