PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.441Keywords:
peran orang tua, kegiatan belajar dari rumah, anak usia dini, pandemi covid 19Abstract
Pandemi covid 19 yang melanda dunia tidak terkecuali Indonesia selama 2,5 tahun terakhir bepengaruh ke berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran yang biasanya dilangsungkan offline secara tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran online dengan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR). Kebijakan ini diterapkan kepada semua jenjang pendidikan mulai dari TK (Taman Kanak-kanak) hingga PT (Perguruan Tinggi). Kegiatan BDR ini tidak hanya melibatkan guru dan siswa saja, melainkan juga orang tua yang berperan sebagai guru pengganti di rumah. Peran orang tua dalam kegiatan BDR ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembelajaran, di mana orang tua akan mendampingi serta memotivasi anak selama kegiatan. Apalagi untuk anak usia dini yang masih belum dapat menerima instruksi dengan jelas serta memerlukam pendampingan yang lebih. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran orang tua dalam kegiata BDR anak usia dini selama masa pandemi covid 19 dalam berbagai studi yang meneliti tentang hal ini. Metode penilitan yang yang digunakan adalah studi literatur yang dilakukan melalui pencarian dan pengumpulan refrensi dilanjutkan dengan menganalisisnya. Ada 20 studi terdahulu yang terkait dengan peran orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah anak usia dini selama pandemi covid 19. Penelitian ini menemukan bahwa dalam mendampingi anak usia selama kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) orang tua memiliki peran besar dalam memotivasi, memberi semangat, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta pembagian waktu antar pekerjaan dan pengasuhan.
References
Ali Nugraha. (2018). Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Issue 021). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
Hasbi, M., Wardhani, L. K., & Widiyawati, E. (2020). Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis disertai dengan Contoh. Ed. Rev.( Jakarta: Rajawali Pers,2014).
Mutaqinah, Rina & Taufik H. (2020) Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid -19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 41—51
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Supriyono, Iskandar, H., & Sucahyono. (2015). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Masa Kini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat PAUD dan Dikmas.
Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Universitas Negeri Padang Harus dapat Memberikan Kesempatan Umum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 67—82. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.111.05 PEMBELAJARAN