KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • Sulfi Uhriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Rosida Rosida Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Benny Prasetiya Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.586

Abstract

Maraknya virus corona (Covid-19) menjadi penyebab terjadinya perubahan dalam berbagai kehidupan, diantaranya berdampak serius dalam bidang pendidikan yang ada di Indonesia. Adapun kebijakan dalam dunia pendidikan yang diambil oleh pemerintah selama masa pandemic covid-19 yaitu anak — anak belajar dari rumah termasuk juga pembelajaran untuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kerja sama antara guru dan orang tua dalam pembelajaran daring serta pelaksanaan kerja sama antara orang tua dan anak dalam melaksanakan pembelajaran daring. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dengan mempelajari berbagai literatur, ataupun berbagai jurnal. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik studi literaturyang dihasilkan berupa data kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran daring sudah terlaksana cukup baik, dan dapat memenuhi tujuan pendidikan anak usia dini, dalam meningkatkan kreativitas anak yang harus ditingkatkan selama pelaksanaan belajar dari rumah dan harus dilakukan secara konsisten, dan berkesinambungan selama masa pandemic. Dalam melaksanakan pembelajaran daring, biasanya guru menggunakan via whatsap agar dapat berkomunikasi dengan peserta didik maupun orang tua, karena melalui via whatsapp dapat memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu orang tua lebih memahami aplikasi ini dari pada aplikasi lainnya. Beberapa guru juga memanfaatkan metode ceramah / penjelasan karena metode ini sering dipandang lebih berhasil untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada anak dalam proses belajar daring karena dapat disesuaikan dengan karakteristik anak. Kata Kunci : Kerja sama orang tua, kegiatan kreatif, anak usia dini

References

Akollo, J. G., & Toisuta, M. E. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Institutio:Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 63—74. https://doi.org/10.51689/it.v6i2.236

Ayudia, I., Haqqi, A., & Munthe, S. T. (2021). Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib, 2, 23—32. https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/47%0Ahttps://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/download/47/39

Bahri, S., & Budiyono, F. (2020). Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Kecamatan Kalianget. Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, September, 62—66.

Fimala, Y., S, N., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik sekolah dasar di masa pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 44. https://doi.org/10.29210/02927jpgi0005

Hajeni, H., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242—3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Indrayasa, K. B., Suryanti, P. E., Hindu, U., Gusti, N. I., & Sugriwa, B. (2020). Keterlibatan orang tua dalam kegiatan kreatif anak usia dini selama belajar dari rumah. 5(2), 180—190.

Kerjasama, S., Dan, G., Tua, O., Pembelajaran, M., & Jaringan, D. (2021). ( DARING ) DI MI ASSALAM BATU ( DARING ) DI MI ASSALAM BATU.

Khosiah, N., Susandi, A., & Dheasari, A. E. (2021). Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Dalam Membangun Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 62—71. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5252

Musyarrofah, S., Hanief, M., & Anggraheni, I. (2021). Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Roudlotul Athfal Muslimat NU 15, Sukun Kota Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 162—167. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/11996/9283

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles