PERAN PENGURUS PANTI ASUHAN DALAM PENDIDIKAN ANAK ASUH DI YAYASAN DAN PANTI ASUHAN HIDAYATUL ISLAM DESA CLARAK KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Umi Kulsum Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Siti Fatimah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Nurus Sya’adah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Robiatul Adawiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.788

Keywords:

kemampuan konsentrasi, flash card, bergambar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan belajar pada anak kelompok B  dalam metode bermain flash card bergambar di TK ABA V. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis berdasar siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan konsentrasi belajar pada anak melalui metode bermain flash card bergambar di TK ABA V. Berdasarkan evaluasi dari siklus I dan siklus II maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Hal ini berarti bermain flash card bergambar dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi pada belajar pada anak kelompok B TK ABA V menjadi lebih baik.

References

Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/566

Kasari, O. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungupengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungu. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(1), 97–105. https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.11598

Lailiyah, I., & Dini, A. U. (2020). Tumbuh kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER REBANA UNTUK. 7. https://doi.org/10.36706/jtk.

Muldaniah, M., & Fitria, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Dengan Metode Flash Card Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 64. https://doi.org/10.31000/ceria.v6i1.556

Oktaviana, N. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32–40. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23371

Rizkiani, A., Evia Darmawani, & Padilah. (2022). Keterampilan Berbicara Anak dengan Gangguan Bahasa Ekspresif. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 1–13. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9149

Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126. https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=64&path%5B%5D=55

(Rizkiani et al., 2022)(Febiola & Yulsyofriend, 2020)(Muldaniah & Fitria, 2018)(Lailiyah & Dini, 2020)(Salmiati dan Samsuri, 2018)(Kasari, 2020)

Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/566

Kasari, O. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungupengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungu. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(1), 97–105. https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.11598

Lailiyah, I., & Dini, A. U. (2020). Tumbuh kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER REBANA UNTUK. 7. https://doi.org/10.36706/jtk.

Muldaniah, M., & Fitria, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Dengan Metode Flash Card Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 64. https://doi.org/10.31000/ceria.v6i1.556

Oktaviana, N. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32–40. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23371

Rizkiani, A., Evia Darmawani, & Padilah. (2022). Keterampilan Berbicara Anak dengan Gangguan Bahasa Ekspresif. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 1–13. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9149

Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126. https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=64&path%5B%5D=55

Downloads

Published

2023-12-16

Issue

Section

Articles