UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAGIC STRAW DI TK ABA V

Authors

  • Saniti Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Dewi Lutfiatul Hoiroh Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ririn Andriyana Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Robiatul Adawiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.789

Keywords:

anak, anak usia dini, magic straw, sosial, sosial emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh media “Magic Straw” terhadap perkembangan sosial emosional pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal V. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 11 September 2023, tahap awal yang dilakukan adalah melihat langsung aktifitas belajar mengajar guru. Adapun anak yang diamati saat observasi yaitu berjumlah 23 anak yang diantaranya 10 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Namun diantara 23 anak didik tersebut terdapat 17 anak didik yang mengalami perkembangan sosial emosional cenderung belum berkembang sesuai harapan. Ape Magic Straw ini dapat membantu mengenalkan bentuk geometri, warna, berhitung dan rancang bangunan membentuk apa saja. Media pembelajaran melalui Permainan Magic Straw dapat mempengaruhi kemampuan sosial emosional anak usia dini. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan yang telah terjadi, bahwa anak berkembang sangat baik dan mengalami peningkatan yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media permainan magic straw dapat meningkatkan sosial emosional anak usia dini di TK Aisyiyah Busthanul Athfal V.

References

Afiffudin, Khotimah. 2014. “Pengaruh Kegiatan Seni Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak.” Afiffudin Nurul Khotimah, no. 58: 1–6.

Aini, Fitriatul, Ferra Lorettha, and Agustiarini Eka Dheasari. 2022. “Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Mendongeng Di RA Hidayat Kota Probolinggo.” Fondatia 6 (4): 1194–1202. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2306.

Amalia, Wilda, and Farida Mayar. 2021. “Perkembangan Motorik Halus Melalui Metode Finger Painting.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3): 9158–62.

Arif, M, and L Shofiyah. 2020. “Penggunaan ‘Ape Magic Straws’ Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Motoric 4 (2): 200–206. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/1268%0Ahttps://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/download/1268/839.

Fransisca, Ria, Sri Wulan, and Asep Supena. 2020. “Meningkatkan Percaya Diri Anak Dengan Permainan Ular Tangga Edukasi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (2): 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405.

Jumriatin, Jumiatin, and Laode Anhusadar. 2022. “Finger Painting Dalam Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak USia Dini 4 (1): 1–23.

Lubis, Mira Yanti. 2019. “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Generasi Emas 2 (1): 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301.

Marlinah, M, and N Y Priyanti. 2021. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Ular Tangga Pada Kelompok B Di TK Al Khairiyah Jatibening, Bekasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (20): 4135–42. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1525.

Qibtiyah, Mas Lailatul, Siti Masitoh, and Bakhtiar Syaiful Bachri. 2021. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAGIC STRAW TERHADAP.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 8 (2): 302–13.

Downloads

Published

2023-12-16

Issue

Section

Articles