KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN BAGI IBU MILENIAL DALAM MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.831Keywords:
ibu, ibu milenial, menejemen, menejemen pendidikan, pendidikan, pendidikan islamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep manajemen pendidikan ibu milenial dalam mendidik anak di era digital. Metode penelitian dalam riset ini adalah metode penelitian kualitatif dan menggunakan telaah literatur (literature review) dari berbagai buku, jurnal, dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
Konsep manajemen pendidikan yang diterapkan oleh ibu milenial diawali dengan adanya proses perencanaan yang dimulai saat anak-anak dalam kandungan ibu, selanjutnya adalah proses pengorganisasian yaitu proses dimana penentuan dan pengelompokan serta pengaturan berbagai aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Tahap ketiga yaitu proses penggerakan atau pengarahan di mana pada konteks ini seorang ibu akan melakukan tindakan dari perencanaan yang telah disusunnya dan diorganisasikan dalam proses tumbuh kembang sang anak agar tujuan dari perencanaan tersebut bisa tercapai melalui proses ini. Tahap akhir dari rangkaian manajemen pendidikan adalah pengawasan yaitu proses dimana semua perencanan yang telah dibuat sedang dilaksanakan sampai dengan kegiatan tersebut selesai dilaksanakan.
References
Abdullah, A. F. (2005). Menjadi Ibu Ideal Penerjemah: Abu Nabil Hakim. Pustaka Al-Kautsar.
Al-Tahrir, A.-H. (1993). Wanita dalam syari’at dan masyarakat, judul asli:”Imratuna fi Al-syari’ati wal mujtama”. Pustaka firdaus.
Arsyam, M. (2020). Manajemen Pendidikan Islam ( Bahan Ajar Mahasiswa ). Sekolah Tinggi Agama Islam, 13.
Fattah, N. (2017). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Gade, F. (2012). Ibu Sebagai Madrasah Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.22373/jid.v13i1.462
George R, Terry dan Rue, L. (2021). Dasar-dasar Manajemen Edisi Revisi (Revisi). Bumi Aksara.
Hikmatullah, H. (2021). Keluarga Islam di Era Millenial. Syaksia : Jurnal Hukum Perdata Islam, 22(1), 125–146. https://doi.org/10.37035/syakhsia.v22i1.4880
Islam, U. N. (2008). Mendidik Anak dalam Kandungan. Gema Insani.
Khalid, A. A. (1994). Pendidikan Anak Putri dalam Pendidikan Keluarga. CV Pusataka Al-Kautsar.
Maulana, U. I. I. (2006). Bagaimana menjadi Istri Shalihah dan ibu yang sukses. Darul Falah.
Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Raja Grafindo Persada.
Muhaimin, D. (2010). Manajemen Pendidikan Islam “Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Kencana.
Ni Nyoman Ayu. (2017). Hari Ibu, Ibu Milenial. https://geotimes.id/kolom/sosial/hari-ibu-ibu-milenial/
Nurhamidah, S. (2023). Pembinaan Akhlak Anak Melalui Pendidikan Keluarga Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Undang-Undang Pendidikan Indonesia (Doctoral Dissertation). Universitas Islam Sumatera Utara.
Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi pendidikan Islam di era 4.0. ,. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1, 221–239.
Siagian., S. P. (2016). Filsafat Administrasi Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Siti Nurhasanah; dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Edu Pustaka.
Solution, B. C. (2014). Millennial Mom Report Highlights. BabyCenter 21st Century Mom, Insights Series. http://www.babycentersolutions.com/docs/
Subekti, I. (2021). Princip Actuating Islam dan Implementasi dalam Manajemen Pendidikan. Perada: Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu.
Subekti, I. (2022). Imam Subekti Tanjak: Journal of Education and Teaching Pengorganisasian Dalam Pendidikan. Tanjak: Jounal of Education and Teaching, 3(1), 2022. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjakPengiriman:28/10/2021;Diterima:25/02/2022;Publikasi:28/02/2022DOI:https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.422
Thaha, K. H. (1992). Konsep Ibu Teladan: Kajian Pendidikan Islam (4th ed.). Risalah Gusti.