IMPLEMENTASI ALAT MUSIK DALAM KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK RA-AZAHRA
DOI:
https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.837Keywords:
alat, musik, sosial, emosional, emosional anakAbstract
Penelitian ini didasarkan pada pengamatan awal kegiatan musik yang terjadi di sekolah ini. Hal ini dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini, seperti perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini akan menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi dan dokumentasi data pendukung. Penelitian dilakukan oleh Jl. Itu terjadi di TK Az Zahra. Dilakukan. SPP Junction, Desa Jaharun A, Kechi. Galant, taksi. Sumatera Utara, Provinsi Deli Serdan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak TK. Az Zafra. Studi ini menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak-anak di sekolah ini. Ini terbukti ketika membuat musik, ketika anak-anak mengekspresikan semua jenis ekspresi tentang diri mereka sendiri. Dan dengan memainkan musik ini, anak-anak diajarkan langsung untuk bekerja sama dan berinteraksi satu sama lain. Dan berdasarkan hasil penelitian ini, musik dapat meningkatkan kecerdasan sosial-emosional anak dan membantu guru dan orang tua menemukan minat dan bakat anak-anaknya.Penelitian ini didasarkan pada pengamatan awal kegiatan musik yang terjadi di sekolah ini. Hal ini dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini, seperti perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini akan menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi dan dokumentasi data pendukung. Penelitian dilakukan oleh Jl. Itu terjadi di TK Az Zahra. Dilakukan. SPP Junction, Desa Jaharun A, Kechi. Galant, taksi. Sumatera Utara, Provinsi Deli Serdan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak TK. Az Zafra. Studi ini menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak-anak di sekolah ini. Ini terbukti ketika membuat musik, ketika anak-anak mengekspresikan semua jenis ekspresi tentang diri mereka sendiri. Dan dengan memainkan musik ini, anak-anak diajarkan langsung untuk bekerja sama dan berinteraksi satu sama lain. Dan berdasarkan hasil penelitian ini, musik dapat meningkatkan kecerdasan sosial-emosional anak dan membantu guru dan orang tua menemukan minat dan bakat anak-anaknya.
Kata kunci: Alat; Musik; Sosial; Emosional; Anak.
References
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.
Aulia, A., Diana, & Setiawan, D. (2022). Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 160–168. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i01.4693
Fitri, Y. M., & Nurhafizah, N. (2023). Analisis Metode Gerak dan Lagu terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2987–2998. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3350
Khadijah, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori dan Strategi. CV. Merdeka Kreasi Grroup.
Khadijah, N. Z. (2022). Pengembangan Emosi Anak Usia Dini. Perdana Publisher.
Khotimah, D. I. dan N. (2020). Pengaruh Musik Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok A Di Tk Kartika IV-9 Surabaya. 1–7.
Kurniawati, L., Putri, R. A., Afifah, A. A., & Kamil, S. W. K. (2023). Implementasi Pembelajaran Musik Dan Gerak Pada Guru PAUD Di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.21154/wisdom.v4i1.5343
Panji Ramadan, M., & Arobbi, J. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Gerak Dan Lagu. Jurnal El-Audi, 3(1), 01–05. https://doi.org/10.56223/elaudi.v3i1.42
Resource, L. (2017). Penerapan Kegiatan Bermain Musik Untuk Meningkatkan Aspek Sosial-Emosional Pada Anak TK Merpati Pos Tahun Ajaran 2014/2015. 9860(9), 216–226.
Sukandar, A. K., & Astika, I. W. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bermain Alat Musik Anak dengan Pembelajaran Berbasis Kreativitas ( Improving Children ’ s Musical Ability through Creativity Learning ). 2(5), 805–814.
Ulfah, U., Ratnasih, T., & Syam’iyah. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kegiatan Mendengarkan Musik Relaksasi. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 65–73.
Wiflihani. (2017). Musik Sebagai Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak. Universitas Negeri Medan, 2(2), 50–53.