MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI ICE BREAKING ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI RAUDATUL ATHFAL AR-RAHMAH

Authors

  • Nur Asrima Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rantika Wulandari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nadia Turrohmah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nayli Alyannur Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Novita Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.847

Keywords:

lingusitik, Anak Usia Dini, ice breaking

Abstract

Penelitian ini memliki tujuan yaitu untuk meningkatkan kecerdasan linguistik pada anak usia dini melalui penerapan ice breaking dalam konteks pembelajaran. Metode dalam penelitian yang digunakan kali ini yaitu quasi experimental design. Subjek yang digunakan dalM penelitian ini adalah sebanyak 20 orang anak di RA Ar-Rahmah. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi. Tujuan dari penulisan ini itu untuk mengetahui kesesuaian dan respon anak yang sesuai dengan irama ice breaking. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ice breaking dalam konteks pemebelajran dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak di kelas experiment sebesar 0,9 setelah diberikan post test atau contoh yang benar dalam melakukan ice breaking tersebut dan pada kelas control yaitu sebesar 0,2 karena tidak diberikan perlakuan seperti di kelas experiment.

Kata kunci: linguistic, anak usia dini, ice breaking

References

Arini, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Teknik Ice Breaking dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP, 0(0), 175–181.

Bakhtiar, M. I. (2015). Pengembangan Video Ice Breaking Sebagai Media Bimbingan Konseling. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 1(2), 150–163. http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK/article/view/1816

Fitriani, A. P., Wijayanti, A., & Koesmadi, D. P. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Buku Language Smart Kids. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 270. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.34123

Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665

Musyadad, F., & Ingrum, S. A. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di TK Se-Kecamatan Parakan, Temanggung Jawa Tengah. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 67. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.600

Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02

Putri krismawati salam, P., & Chandra Apriyansyah. (2022). Pengaruh Kegiatan Ice Breaking terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 74–83. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10678

Widhianawati, N. (2011). Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163. https://etheses.uinsgd.ac.id/19192/5/4_bab1.pdf

Wisnu Budi Wijaya, I. K. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 147. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.568

Yeni Maryani, S. M. wethisi. dkk. (2021). Kegiatan Senam Ice Breaking Dalam Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 4(2), 218–224.

Zulfitria, Z., & Fadhila, N. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Melalui Metode Mendongeng. Instruksional, 3(1), 77. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.77-86

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles