ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV MENURUT TEORI POLYA

Authors

  • Siti Nur Khidayati STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Nuryami STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.638

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan Teori Polya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa kelas VIII SMP Al Arifin. Instrumen dalam penelitian adalah tes berbentuk soal cerita sebanyak 5 soal mengenai Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Teknik pengumpulan sampel dipilih 3 orang siswa yang masing-masing mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek penelitian berdasarkan perolehan nilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi dapat memenuhi semua indikator dalam menyelesaikan soal yaitu memahami masalah, memikirkan rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban. Dan siswa dengan kemampuan sedang hanya dapat mencapai dua indikator yakni memahami masalah dan memikirkan rencana. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah hanya dapat mencapai satu indikator yakni memikirkan rencana dan hanya dapat memisalkan tetapi siswa tidak dapat membuat persamaan. Kata kunci: Analisis; SPLDV; dan Teori Polya

Downloads

Published

2023-10-19

Issue

Section

Articles