PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PAPAN BILANGAN

Authors

  • Abdur Rofiq STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Atmadi STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ayuni STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Siti Nurazizah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Nuryami STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.775

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum ini dengan tujuan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah matematika khususnya pada materi bilangan bulat. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa kelas VII MTsS Miftahul Ulum kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2023/2024 yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tes yang dilakukan pada tahap pretest, siklus I, dan siklus II untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Hasil pre-tes menunjukkan nilai rata-rata 26,6. Terjadi peningkatan di siklus 1 dengan nilai rata-rata siswa mencapai 60,0 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 33,4%. Pada siklus 2, terjadi peningkatan lagi dengan nilai rata-rata 86,6 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 60%. Dari hasil akhir penelitian, diambil sebuah hasil akhir bahwa untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi bilangan bulat bisa penggunaan model pembelajaran Problem based learning.

References

Annury, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 177. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258

Maesari, Citra, Rusdial Marta, and Yusnira Yusnira. "Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar." Journal on Teacher Education 1.1 (2019): 92-102.

Nurfauziah, Nurfauziah, and Luvy Sylviana Zanthy. "Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi bilangan bulat." Journal on Education 1.2 (2019): 215-228.

Parulian, Ricky Arlen, Dadang Rahman Munandar, and Redo Martila Ruli. "Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan materi bilangan bulat pada siswa smp." Prosiding Sesiomadika 2.1a (2020).

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa.Bandung: PT. Refika Aditama.

Prabawanto, S. (2009). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa. Makalah disampaikan dalam Acara Workshop Nasional PMRI untuk Dosen S1 Matematika PGSD, 27-30.

Kamarullah “Pendidikan Matematika Disekolah Kita” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 21-32, 2017.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Wardhani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukmawarti, Hidayat, & Oca, L. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Wardhani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-10-23

Issue

Section

Articles