UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING KELAS 4 DI MI ZAWIYATUS SALIKIN KECAMATAN KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.394Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan hasil dari belajar siswa dan aktivitas dari belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Quran Hadist pada materi idhgom dan iklab dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV Mi Zawiyatus Salikin Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo yang berjumlah 15 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur PTK terdiri dari beberapa siklus yaitu dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV Mi Zawiyatus Salikin Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pada Al-Quran Hadist pada materi idhgom dan iklab dengan mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran Al-Quran Hadist pada materi idhgom dan iklab para siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada pra siklus tingkat ketuntasan belajar siswa 33,3% dari 5 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 60% dari 9 siswa. Kemudian pada siklus II meningkat pesat mejadi 15 siswa atau 100%. Demikian dapat di simpulkan bahwa dari hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Quran Hadist pada materi idhgom dan iklab yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV Mi Zawiyatus Salikin Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo berhasil dan berjalan dengan lancar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Al-Quran Hadist, Model Pembelajaran Quantum
References
Ayub. (2020). PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BEREMBANG MUARO JAMBI.
Dea Prasmanita. (2020). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 45. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.38
Latifah Ishma. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA DDI KABALLANGAN PINRANG.
Ririn Maulani. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Quantum Teaching Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Viii Di Mts. Ash-Shoheh Iteureup Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 1—12.
Thobroni. (2017). No Title. Arruzz Media Wiriaatmadja, 20.
Umi Murtafi’ah. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matenatika Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Nngkok Kecamatan Karangnggede Kabupaten Boyolali.
Wardana, A. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Quantum Teachingterhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Viiimts Al-Faaizun Watang Palakka. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan, Vol 4, No., 85—110.
Wulan Septi Putri. (2019). IMPLEMENTASI QUANTUM LEARNIG DALAM MATA PELAJARAN AL- QURAN HADIS. Jurnal At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 3(2), 1—13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Avita Khoirun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.