NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM KISAH UMAR BIN ABDUL AZIZ

Authors

  • Abdul Hakim Habibullah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Devy Habibi Muhammad STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ari Susandi STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i1.245

Keywords:

Pendidikan Karakter, Umar bin Abdul Aziz

Abstract

Pendidikan karakter didunia pendidikan merupakan wadah atau proses yang bertujuan untuk membentuk pribadi seseorang agar menjadi pribadi yang baik serta berguna dilingkungan keluarga dan masyarakat. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kisah Umar bin Abdul Aziz. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang ada pada Umar bin Abdul Aziz. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Reseach) yaitu dengan mencari buku-buku dan data yang berkaitan dengan penulisan pada jurnal ini. Mengenai hal tersebut peneliti menganalisis dari beberapa data terkait dengan artikel para peneliti yang masih relevan dengan judul yang dibahas. Dalam penelitian ini tehnik analisis data yang penulis gunakan yaitu analisis isi atau content analysis dengan tujuan untuk membandingkan satu studi dengan studi lain yang berkesinambungan dengan artikel ini. Dapat diketahui penelitian ini penulis membahas tentang strategi dan pendidikan karakter yang bermanfaat dalam kehidupan masyarakat. Dalam penelitian ini penulis memaparkan beberapa pembahasan yaitu dengan menjabarkan profil dari Umar bin Abdul Aziz yang terdiri dari nama gelar, keluarga, kelahiran, tingkat keilmuan dan nilai pendidikan karakter yang berjumlah delapan, diantaranya: Religius, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, rendah hati, zuhud, tegas dan adil.  Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Umar bin Abdul Aziz

References

Ali, M. N. (2020). Kebijakan Umar ibn Abdul Aziz dalam Pemberantasan Korupsi. Journal of History and Cultural Heritage, 1(2), 37—45.

Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50—58.

Annisa ilvi Kusumastuti, M. G. (n.d.). KONSEP WELFARE STATE PADA KEBIJAKAN UMAR BIN ABDIL AZIZ SEBAGAI KHALIFAH BANI UMAYYAH.

Audina, N., & Raihan, R. (2019). Prinsip Good Governance Pada Kepemimpinan Umar Bin Abdul Azis. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 2(2), 23. https://doi.org/10.22373/al-idarah.v2i2.4010

Aw, S. (2016).

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Tayangan ”Mario Teguh Golden Ways”. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 181—191. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12048

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1—9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Didik, P., & Dari, B. (2021). Abudin Nata., (1997). Filsafat Pendidkan Islam . Jakarta. Logos Wacana Ilmu.h. 95 103. 6(1), 103—123.

Dr. Az’ari, M. A. (2017). TRANFORMASI PERADILAN PADA MASA UMAR BIN ABDUL AZIZ. 17, 13—42.

Febrianshari, D., Kusuma, V. C., Jayanti, N. D., Ekowati, D. W., Prasetya, M. Y., & Suwandayani, I. (2018).

Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter DALAM PEMBUATAN DOMPET PUNCH ZAMAN NOW Deddy. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(April), 88—95. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/viewFile/2382/1434

Fikri, H. (2018). Dialektika Dakwah Dan Kebijakan Publik Perspektif Umar Bin Abdul Aziz. Jurnal MD, 4(2), 117—132. https://doi.org/10.14421/jmd.2018.42-01

Islam, M. N. P. (2017).

STRATEGI DAKWAH UMAR BIN ABDUL AZIZ DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM Oleh : Zainal Azman Dosen STAI Bumi Silampari Lubuklinggau. El-Ghiroh, 8, 8.

Qudsy, S. Z. (2013).

Umar Bin Abdul Aziz Dan Semangat Penulisan Hadis. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 14(2), 257. https://doi.org/10.14421/esensia.v14i2.760

Rohayati, D. (2020).

Konsep Umar Bin Abdul Azis Dalam Pencapaian Tujuan Mendidik Anak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(2), 71. https://doi.org/10.22373/equality.v6i2.7914

Susandi, A., Ibnu, I., Salam, A., & Arifin, M. (2021). THE ROLE OF FOSTER PARENTS IN IMPLEMENTING CHARACTER EDUCATION : Case Study of Children of Indonesian Workers in Puspan Village Maron District Probolinggo Regency. 21(1), 15—22.

Yusuf Hanafiah. (2019). Rekonstruksi Kepemimpinan Pendidikan Umar bin Abdul Aziz: Aktualisasi Politik Pengembangan Pendidikan. Al-Fahim, 53(9), 1689—1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

APRIYANI. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SEJARAH ALI BIN ABI THALIB DAN RELEVANSINYA DI ERA KONTEMPORER.

Arafat, G. Y. (2018). Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis. 17.

Aries Dirgahayunita, A. E. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam. 33.

Benny Prasetiya, Samsul Hadi dan Khoiriyah. (2018). Analisis Kuantitatif Korelasi Pendidikan Agama Dalam Keluarga dan Motivasi Berprstasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.

Benny Prasetya, A Yulianto. (2021). ANALISIS INTERAKSI ADAB SEORANG MURID TERHADAP GURU DALAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. Jurnal Ilmu.

Benny Prasetya, M Usman, M. Faisyal Syamsi. (2020). Makna Religiusitas bagi Kaum Waria.

Devy Habibi Muhammad. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas Dalam Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Probolinngo.

Dr. Anik Yuesti, S. N. (2020). Akutansi Sektor Publik. Akutansi.

F Mujayyanah, B Prasetiya. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim (Kajian Tafsir Al-Misbah Dan Al-Maraghi).

Kurniawati, K. (2015). Portal Jurnal UNJ.

Milya Sari, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

Mujito, M. (2019). Membangun Pendidikan Karakter di Sekolah.

Nur Khosiah. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum Tambak Rejo Tongas Probolinggo. Probolinggo.

Nurrohman, Budi Handrianto, Akhmad Alim. (2021). Konsep Kurikulum Leadership Ekstrakurikuler SMP Berbasis Sifat Kepemimpinan Umar Bin Abdul Aziz.

Downloads

Additional Files

Published

2022-02-05

Issue

Section

Articles