PENGARUH METODE KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Authors

  • Siti Nurhasanah UIN Jkt

DOI:

https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i1.835

Abstract

Statistika merupakan mata kuliah yang sangat tidak disukai oleh mahasiswa. Bukan soal materi tetapi lebih cenderung pada masalah metode pengajaran yang disampaikan oleh dosen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh metode pembelajaran Cooperative Learning Team Assisted Individualization (TAI) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar statistik. Dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar statistika siswa yang diajar menggunakan metode TAI dengan yang menggunakan metode konvensional. Manfaat penelitian ini adalah memberikan alternatif bagi dosen mata kuliah statistika untuk memilih metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah statistika. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan teknik analisis data dengan menggunakan desain dua faktorial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada dosen statistika untuk menggunakan metode TAI dalam pembelajaran statistika. Metode ini juga memberikan hasil belajar yang jauh lebih baik daripada menggunakan metode konvensional.

Kata Kunci : Motivasi berprestasi, Metode Kooperatif, Tipe TAI

References

Amri, S. (2013). Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Gumrowi, A. (2016). Strategi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni , 183-191.

Hariyati, N. R., and Syakur, A. (2018). Penerapan Strategi Membaca Kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk Menunjang Kecakapan Literasi Menuju Era Revolusi Industri 4.0. In "Seminar Nasional Edusaintek".

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis.

Ivancevich, J. M., Matteson, M. T., and Konopaske, R. (1990). Organizational behavior and management.

Marshall, J., Price, M., England, J., LeGrand, K., and Kirby, R. S. (2017). Engaging Florida residents: Motivations and impacts of community gardens in Tampa Bay. Journal of Community Engagement and Scholarship, 130-140.

Mullins, L. J., and McLean, J. E. (2019). "Organisational behaviour in the workplace," Pearson Harlow.

Saregar Antomi , Diani Rahma , and Kholid Ridho (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy): dampak terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan.

Slamet, J., and Sulistyaningsih, S. (2021). Students’ Difficulties in Answering “Structure and Written Expression” TOEFL-like at STKIP PGRI Sidoarjo. E-Structural (English Studies on Translation, Culture, Literature, and Linguistics), 17-27.

Siti Nurhasanah (2023), Statistika Pendidikan Edisi ke 2, Jakarta: Salemba Humanika

Siti Nurhasanah, Mulyawan dan Imam Subhi (2022), Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta : Media Edu Pustaka

Slavin, R. E. (1980). Cooperative learning. Review of educational research, 315-342.

Sumarsono, H. (2004). Metode riset sumber daya manusia.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning (theory and application PAIKEM). the theory of cooperative learning for application in Indonesia, Bandung, library students, 190.

Syahrani, S. (2018). Manajemen Kelas yang Humanis. Al-risalah, 57-74.

Syakur, A. (2015). Developing ESP Instructional Materials for Undergraduate Students of International Economic Departments in State Brawijaya University of Malang. Jurnal Edukasi

Syakur, A., and Sabat, Y. (2020). The effectiveness of coopertative learning (STAD and PBL type) on E-learning sustainable development in higher education. Journal of Development Research, 53-61.

Widodo, J. P., Musyarofah, L., and Slamet, J. (2022). Developing A Moodle-Based Learning Management System (LMS) for Slow Learners. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1-10.

Widodo, J. P., and Slamet, J. (2020). STUDENTS’PERCEPTION TOWARDS GOOGLE CLASSROOM AS E-LEARNING TOOL (A Case Study of Master of English Education of the Second Semester at STKIP PGRI Sidoarjo). Magister Scientiae, 99-109.

Yulianti, D., and Putra, N. (2012). Upaya Mengembangkan Learning Community Siswa Kelas X SMA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis CTL Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-20

Issue

Section

Articles