UPAYA PENINGKTAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MEDIA KOLASE KERTAS ORIGAMI ANAK DI RA ISLAMIYAH

Authors

  • Eka Agustina Busriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Amanatul Rufi’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Saniti Saniti Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Benny Prasetiya Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.588

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pertumbuhan kemampuan dalam sistem motorik halus maupun motorik kasar anak melalui tugas atau tindakan produktif di dalamnya pengajaran dan pembelajaran pendidikan anak usia dini di RA Islamiyah.motorik ialah Salah satu keterampilan belajar anak yang harus dikembangkan pada diri anak itu sendiri, keterampilan motorik fisik, juga dikenal sebagai keterampilan motorik kasar dan halus. Perkembangan motorik halus anak harus dimaksimalkan. Salah satu cara untuk mengembangkannya adalah melalui kegiatan dengan media kolase, karena mengikuti aturan yang ditetapkan untuk pada usia dini. Penelitian tindakan kelas digunakan dalam metode penelitian ini. dimana anak diamati mulai dari kegiatan merobek kertas hingga menempelkan. Pemantauan pembelajaran dan pelatihan guru akan dimulai langsung berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada tanggal 7 Desember 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kegiatan belajar dengan media kolase sangat efektif dan cocok untuk pertumbuhan keterampilan motorik halus. Kata kunci: Motorik Halus, Kolase, Anak Usia Dini

References

Daulay, M. I., & Pebriana, P. H. (2018). Kegiatan Kolase Media Daun Ketepeng Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood, 1(1), 8—17.

Hadiyati. (2019). No Title. JURNAL LITERASIOLOGI, 1(2), 14—23.

Hana, D., Fitri, A., & Mayar, F. (2020). Melalui kolase, keterampilan motorik halus anak dipraktikkan. di. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(Suyadi 2014), 1011—1017.

Marpaung, Z. E., Rais, S. S., Angelly, T., & Meilita, N. (2022). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun melalui Berbagai Kegiatan di RA Nurhidayah. EDUKASI NONFOEMAL, 2(2), 378—384.

Nurjanah, D. Y., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2021). PENINGKATANKEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM. Jurnal Mentari, 1(2), 69—78.

Rakimahwati, Nora Agus Lestari, S. H. (2018). Pengaruh Kirigami terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak. JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(1), 102—110.

Wahed;Susilawati, P. W. (2021). Upaya Kegiatan Kolase Menggunakan Media Kerak Telur Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Berkelompok A di TK Pertiwi 1 Sambi Kab . Sragen Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Upaya, 3(4), 1—8.

Winarti, K., Mansoer, Z., & Hardiyanto, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Media Kolase Kertas Origami. 1—14.

Nurjanah, D. Y., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM. Jurnal Mentari, 1(2), 69—78.

Hadiyati. (2019). No Title. JURNAL LITERASIOLOGI, 1(2), 14—23..

Wahed;Susilawati, P. W. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Kerak Telur pada Anak Kelompok A di TK Pertiwi 1 Sambi Kab . Sragen Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Upaya, 3(4), 1—8.

Daulay, M. I., & Pebriana, P. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Media Daun Ketepeng. Journal on Early Childhood, 1(1), 8—17.

Hana, D., Fitri, A., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase di. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(Suyadi 2014), 1011—1017.

Marpaung, Z. E., Rais, S. S., Angelly, T., & Meilita, N. (2022). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun melalui Berbagai Kegiatan di RA Nurhidayah. EDUKASI NONFOEMAL, 2(2), 378—384.

Nurjanah, D. Y., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM. Jurnal Mentari, 1(2), 69—78.

Wahed;Susilawati, P. W. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Kerak Telur pada Anak Kelompok A di TK Pertiwi 1 Sambi Kab . Sragen Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Upaya, 3(4), 1—8.

Winarti, K., Mansoer, Z., & Hardiyanto, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Media Kolase Kertas Origami. 1—14.

Daulay, M. I., & Pebriana, P. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Media Daun Ketepeng. Journal on Early Childhood, 1(1), 8—17.

Marpaung, Z. E., Rais, S. S., Angelly, T., & Meilita, N. (2022). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun melalui Berbagai Kegiatan di RA Nurhidayah. EDUKASI NONFOEMAL, 2(2), 378—384.

Nurjanah, D. Y., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM. Jurnal Mentari, 1(2), 69—78.

Wahed;Susilawati, P. W. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui

Daulay, M. I., & Pebriana, P. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Media Daun Ketepeng. Journal on Early Childhood, 1(1), 8—17.

Hadiyati. (2019). No Title. JURNAL LITERASIOLOGI, 1(2), 14—23.

Hana, D., Fitri, A., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase di. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(Suyadi 2014), 1011—1017.

Marpaung, Z. E., Rais, S. S., Angelly, T., & Meilita, N. (2022). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun melalui Berbagai Kegiatan di RA Nurhidayah. EDUKASI NONFOEMAL, 2(2), 378—384.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles