PERAN PENGURUS PANTI ASUHAN DALAM PENDIDIKAN ANAK ASUH DI YAYASAN DAN PANTI ASUHAN HIDAYATUL ISLAM DESA CLARAK KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Umi Kulsum Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Handayani Handayani Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ririn Andriyana Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Benny Prasetiya STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.597

Abstract

Penelitian iini ibertujuan iuntuk imengetahui iperan ipengelola ipanti iasuhan idalam iupaya ipendidikan isantri idi iPanti iAsuhan iHidayatul iIslam iClarak iLeces iProbolinggo idan ikendala iyang idihadapi. iPendekatan ipenelitian imetode ikualitatif idengan imengumpulkan idata iyang idigunakan iyaitu iwawancara, ianalisis, idokumentasi. iBerdasarkan ianalisis idata imenggunakan ipenyajian idata idan imenarikan ikesimpulan. iHasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa iperan iPanti iAsuhan idalam iupaya imenanamkan ipendidikan ikarakter ipada inilai ireligius idan igotong iroyong. iDari ihasil ianalisis idan iwawancara iterhadap ipengasuh idan isantri idi ipanti iasuhan, ipeneliti imenemukan iadanya ipengaruh iyang ididapat ianak-anak idari iperan iyang idiberikan ipengasuh ipanti iasuhan idalam imenunjang idan imembantu ikeberlanjutan ipendidikan iyaitu ianak imenjadi idisiplin, imandiri, imenjaga ikebersihan, iserta imendapatkan ipengetahuan iakan ibercocok itanam idan ibudidaya iikan. iKendala iyang itimbul iantara ilain iyaitu ikendala i iyang iberasal idari idiri ipribadi ianak idan ikendala iyang itimbul idari ifaktor idana. iSelanjutnya iakan imembahas ikendala iyang iberasal idari idiri ipribadi ianak, idari isekian ibanyak isantri iyang iada idalam ipanti iasuhan isemuanya iberasal idari ikeluarga iyang iberbeda. iHal iini iyang imenyebabkan imasalah idan iperbedaan ipada isantri iyaitu idalam itingkah ilaku, isifat, ikarakter imaupun ikecerdasan ibagi isantri. iTerkadang itidak iada ikesamaan iantara isantri iyang isatu idengan isantri iyang ilain, ikemudian imenyebabkan ikuarang ipercaya idiri ipada isantri iyang imerasa itertinggal idalam ihal ipendidikan idari iteman-temannya, iselain iitu iperbedaan isifat isantri isering imenyebabkan iketidak isamaan isehingga iterkadang imenyebabkan iperbedaan i iantara isantri iyang isatu idengan iyang ilain. iTidak ihanya iitu, itidak isemua isantri ipaham idengan itugas imereka imasing-masing idapat idi iungkap ilebih ijelas ilagi imisalnya imasalah ikebersihan iyang ipaling iutama. Kata Kunci : Panti asuhan, karakter, nilai religius

References

(Yuliasari, 2015)Afriani, O., M. Salam, M. S., & Usmanto, H. (2021). Peran Panti Asuhan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Asuh. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 539—551. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1929

Iqrima, N. (Nur), Sulistyarini, S. (Sulistyarini), & Salim, I. (Izhar). (2014). Peran Pengurus Panti Asuhan dalam Menunjang Keberlanjutan Pendidikan Anak di Panti Asuhan Nurul Hamid. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 3(9), 216936. https://www.neliti.com/id/publications/216936/

Khoirunnisa, S., Ishartono, I., & Resnawaty, R. (2015). Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 69—73. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13258

Pratiwi, S. V., Piaud, P. S., & Pendidkan, F. (2019). Sukatin , Putri Karmila , Marini , Riskcy Nurul Hidayah , Ranti. VI, 172—184.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Sadad, S. (2021). Peran Kepemimpinan Pengurus Panti Asuhan Dalam Upaya Menciptakan Generasi Yang Rabbani (Studi Kasus Di Panti Asuhan Yatim ….

Saddam Husein, K. H. S. J. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat Ambon Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 33. https://doi.org/10.33477/kjim.v1i1.882

Utari Ridhayanti, 421307201. (2018). Peran Pengasuh dalam Pembinaan Kemandirian Anak melalui Ajaran Islam.

Yuliasari, R. N. (2015). PERAN PENGELOLA PANTI ASUHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK ASUH (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 93—98.

(Khoirunnisa et al., 2015)Afriani, O., M. Salam, M. S., & Usmanto, H. (2021). Peran Panti Asuhan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Asuh. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 539—551. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1929

Iqrima, N. (Nur), Sulistyarini, S. (Sulistyarini), & Salim, I. (Izhar). (2014). Peran Pengurus Panti Asuhan dalam Menunjang Keberlanjutan Pendidikan Anak di Panti Asuhan Nurul Hamid. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 3(9), 216936. https://www.neliti.com/id/publications/216936/

Khoirunnisa, S., Ishartono, I., & Resnawaty, R. (2015). Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 69—73. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13258

Pratiwi, S. V., Piaud, P. S., & Pendidkan, F. (2019). Sukatin , Putri Karmila , Marini , Riskcy Nurul Hidayah , Ranti. VI, 172—184.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Sadad, S. (2021). Peran Kepemimpinan Pengurus Panti Asuhan Dalam Upaya Menciptakan Generasi Yang Rabbani (Studi Kasus Di Panti Asuhan Yatim ….

Saddam Husein, K. H. S. J. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat Ambon Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 33. https://doi.org/10.33477/kjim.v1i1.882

Utari Ridhayanti, 421307201. (2018). Peran Pengasuh dalam Pembinaan Kemandirian Anak melalui Ajaran Islam.

Yuliasari, R. N. (2015). PERAN PENGELOLA PANTI ASUHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK ASUH (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 93—98.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles