PERAN ORANG TUA TUNGGAL DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TRIWUNG KIDUL KOTA PROBOLINGGO

Authors

  • Dina Dwi Lorenza Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Nurus Sya'adah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Siti Fatimah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Benny Prasetiya Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.599

Abstract

Pembentukan karakter anak yang hidup dengan orang tua tunggal atau tidak memiliki seorang ayah, dimana ayah tersebut masih hidup tetapi tempat tinggal yang berbeda maka dari itu beliau tidak berperan sebagai ayah dalam pengasuhan anaknya atau ayah yang sudah meninggal. Dengan penelitian ini penulis akan menguraikan masalah tentang pendidikan karakter, pembentukan karakter, perlindungan dan juga perhatian dari keluarga yang lengkap sejak dini. Seorang anak yang tidak mempunyai ayah didalam keluarganya menjadikan seorang anak kehilangan perhatian dan kasih sayang dari ayahnya. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus selalu menanamkan pendidikan karakter yang baik serta nilai — nilai agama dan budi pekerti terhadap anak yang melalui tindakan dan pembiasaannya. Praktek dalam pendidikan atau pembentukan karakter seorang anak yang tanpa ayah, ibu juga bisa melibatkan pihak lain seperti kakek, nenek, guru ngaji (ustad/ustdzah) dan orang — orang terdekat yang berada dalam keluarganya untuk membantu membentuk pendidikan karakternya. menjadi orang tua tunggal pasti mempunyai kendala karena orang tua tunggal harus siap menjalankan semua perannya seperti menjadi ibu rumah tangga sekaligus menafkahi kebutuhan anaknya. maka dari itu, dalam membentuk pendidikan karakter anak yang tanpa adanya seorang ayah akan menjadikannya anak yang mandiri, tidak manja, serta menjadi anak yang tangguh. Kata kunci: pendidikan karakter anak usia dini tidak mempunyai ayah

References

Banu, S., & Manik, N. D. Y. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Keluarga Yang Tidak Memiliki Ayah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 73—83. https://doi.org/10.55076/didache.v3i1.49

Busthomi, Y., & Khasanah, L. A. (2022). Strategi Orang Tua Tunggal dalam Mendidik Akhlak Anak. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu …, 3(September). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/251

Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062

Hadi, W. (2019). Peran Ibu Single Parent dalam Membentuk Kepribadian Anak; Kasus dan Solusi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 301—320. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.301-320

Hasanah U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35—53.

Imami, F. Q., Trinugraha, Y. H., & Rahman, A. (2021). Peran Ibu sebagai Orang Tua Tunggal dalam Mendukung Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 793—800. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.747

Mey, S., Utari, D., Iriyanto, T., & Astuti, W. (2022). Peran Orang Tua Tunggal Dalam Optimalisasi Perilaku Bertanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. 5(1), 12—23.

Nurdiana, N. (2019). Peran Orang Tua Tunggal (Ibu) Dalam Mengembangkan Moralitas Anak Di Kelurahan Tlogo Mulyo Kecamatan Pedurungan Semarang. Jurnal Sains Riset, 9(1), 1—7. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i1.45

Ulfah A. A. & Fauziah, P. Y. (2020). Identifikasi Pola Asuh Orang Tua Tunggal Pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 153—160. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.7

Widianto, E. (2015). Peran orangtua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal Pendidikan Dan Pemberlajaran Anak Usia Dini, 2(1), 1—75.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles