PENGGUNAAN MEDIA DALAM KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK USIA 5 TAHUN DI SPS MUTIARA HATI
DOI:
https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.756Abstract
Bercerita pada anak memiliki peranan penting bukan hanya menumbuhkan kreativitas anak, tetapi juga dalam mengembangkan bahasa dan sikap sosial anak. Kegiatan bercerita harus ditunjang dengan media pembelajaran yang menarik agar anak tertarik dan tidak mudah bosan, salah satunya adalah dengan menggunakan media bergambar. Penggunaan media buku bergambar saat bercerita, dapat dikatakan anak telah melakukan permainan simbolik, yang memiliki fungsi untuk memberikan kesenangan dan autotelisme dan seperti citra mental dalam upayanya yang meniru kenyataan Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran pada kegiatan bercerita anak usia 5 tahun di SPS Mutiara Hati, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel penelitian sebanyak 2 orang guru dan 4 anak dari 20 pulasi yang ada.
References
Isbell. R., et.al. (2004). The Effects of Storytelling and Story Reading on the Oral
Language Complexity and Story Comprehension of Young Children. Early Childhood Education Journal, Vol. 32, No. 3, December 2004
Kiromi, I., & Fauziah, P. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48-59. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/5594
Musthafa, A & Musbikin, I. (2003). Sepasang burung dan Nabi Sulaiman. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Piaget, J. & Inhelder, B. (2010). Psikologi anak, the psychology of the child. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peklaj, Urska Fekonja., Umek, Marjanovis Ljubica., Simona Kranj. Children’s Storytelling: The Effect of Preschool and Family Environment, European Early Childhood Education Research Journal, Vol. 18, 55-73.
Tulasih, Sri. (2016). Tesis: Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Kelompok B di TK Sultan Agung Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta.
Wang, Christ & Chiu (2014) Exploring a comprehensive model for early childhood vocabulary instruction: a design experiment. Early Child Development and Care, 184:7, 1075-1106

