PERBANDINGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI DESA DAN KOTA BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Agustiarini Eka Dheasari

Abstract


Perkembangan dapat terjadi apabila dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan sekitar anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan kemampuan motorik kasar anak laki-laki dan perempuan di desa dan di kota. Enam puluh anak di desa dan kota (30 anak laki-laki dan 30 anak perempuan) diambil secara acak dari TK di desa dan kota yang berada di Yogyakarta. Anak-anak di uji kemampuan motorik kasar dengan menggunakan instrument penilaian The Frost-Wortham Developmental Checklist yang diadopsi dari standar kurikulum Australia. Anak-anak diuji menggunakan 7 kegiatan yang berkaitan dengan motorik kasar, tidak ada perbedaan kegiatan bagi anak laki-laki dan perempuan. Dari segi wilayah tempat tinggal yaitu di desa dan kota, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan motorik kasar pada anak yang tinggal di desa dan kota, Anak yang tinggal di desa memiliki nilai kemampuan motorik kasar lebih tinggi anak yang tinggal di kota. Berkenaan dengan jenis kelamin, dari 60 anak (30 laki-laki dan 30 perempuan), hasil menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan motorik anak laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini memperkuat kebutuhan akan lingkungan yang aman dan penuh kesempatan, yang memastikan bahwa anak-anak mencapai potensi perkembangan kemampuan mereka

Keywords


kemampuan motorik; motorik kasar; anak usia dini; anak laki-laki; anak;perempuan; wilayah desa; wilayah kota

Full Text:

PDF

References


Aye, T., Saw, K., Khin., Kuramoto, T., Maruyama. (2017). Gross motor skill development of 5-year-old Kindergarten children in Myanmar, The Journal of Physical Therapy Science, 29: 1772–1778, 2017.

Berk, L. E. (2010). Exploring Lifespan Development (4th ed.). Boston, MA: Allyn & Bacon.

Gallahue, D. L. & Ozmun, L. C. (1995) Understanding motor development: infant, children, adolescents, adults (Dubuque, IA, W.C. Brown and Benchmark).

Goodway, J., Robinson, L., Crowe, H. (20130. Gender Differences in Fundamental Motor Skill Development in Disadvantaged Preschoolers From Two Geographical Regions, Research Quarterly for Exercise and Sport, Vol. 81, No. 1, pp. 17–24

Giagazoglou, P., Antonio K., Fotiadou, E., Angelopoulou, N. (2007). The Effect of Residence Area and Mother’s Education on Motor Development of Preschool‐Aged Children In Greece, Early Child Development and Care, Vol. 177, No. 5, July 2007, pp. 479–492.

Haines, C. (2003). Sequencing, coordination and rhythm ability in young children. Care, Health & Development, 29 (5), 197–207.

Louie, L., & Chan, L. (2003). The use of pedometry to evaluate the physical activity levels among preschool children in Hong Kong. Early Child Development and Care, 173(1), 97–107. https://doi.org/10.1080/0300443022000022459

Muthuri SK, Wachira LJ, Leblanc AG, Francis CE, Sampson M, Onywera VO, E. a. (2014). Temporal Trends And Correlates Of Physical Activity, Sedentary Behaviour, And Physical Fitness Among School-Aged Children In Sub-Saharan Africa: A Systematic Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 11(3), 3327–3359.

Pena Reyes ME, Tan SK, Malina RM. (2003). Urban-rural contrasts in the physical fitness of school children in Oaxaca, Mexico. American Journal of Human Biology, 15(6), 800-13.

Sogut, M. (2016). Gross Motor Coordination in Junior Tennis Playes. Journal of Sport Sciences, 34(22), 2149–2152.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak