MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK GOTONG ROYONG KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA

Rahayu Ida Hernawati

Abstract


Penelitian menggunakan desain model putaran spiral. Model yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart menggunakan empat komponen penelitian dalam setiap langkah (perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi). Penelitian ini dilaksanakan di TK Gotong Royong Kecamatan Simokerto Surabaya . Dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2018-2019. Subjek pada penelitian ini adalah anak Kelompok A1 yang berusia 3-4 tahun di TK Gotong Royong Kecamatan Simokerto Surabaya  yang berjumlah 10 anak. Terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan. Berdasarkan penelitian motorik kasar ini, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara dua jenis kelamin. Hasil ini didukung oleh Sarihasih (2015), yang menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan motorik kasar anak-anak di pedesaan dan perkotaan pada kelompok B. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa anak-anak berusia lima tahun memiliki kinerja potensi musik yang berbeda dan perkembangan motorik kasar


Keywords


media, papan panel, bercerita

References


Martini Jamaris.2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta : Grasindo

Wilson.2009. Konsep Dasr Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP UNRI. Pekanbaru

Rahadi, Arsito.2003. Media Pembelajajaran. Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud

Sujiono,M.2008. Konsep Dasr Pendidikan Prasekolah. Bandung : FIP UP

Tarigan, D. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. Jakarta : Universitas Terbuka

Zaman, B.1997. Media dan Sumber Pelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak