MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA PADA ANAK DIDIK TK DEWI SARTIKA SURABAYA

Rr Taviyah Sri Rejeki

Abstract


Menerapkan pembelajaran bercerita melalui panggung boneka anak kelas B yang berusia 3-4 tahun dengan menunjukkan berbagai peristiwa yang ada disekitar anak. Untuk menarik minat anak, guru dapat menunjukkan peristiwa tersebut dengan tampilan boneka animasi pada saat pembelajaran. Sasaran pemantauan adalah efektivitas penerapan pembelajaran berbasis multimedia yang ditunjukkan dengan keterlibatan anak, keaktifan anak baik fisik ataupun mental, serta peningkatan pemahaman anak bercerita. Melakukan pengumpulan data dan menghitung presentase tingkat keberhasilan pemahaman bercerita.  Pada tahap ini, peneliti menentukan strategi untuk materi baru sebagai dasar perbaikan untuk menyusun tindakan selanjutnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah  perkembangan aspek menerima bahasa sudah mencapai 77% atau sebanyak 16 anak, aspek mengungkap bahasa mencapai 78% atau sebanyak 17 anak, aspek keaksaraan mencapai 80% atau sebanyak 19 anak. Hal ini sudah sesuai dengan target peneliti yaitu antara 75% sampai dengan 85%

Keywords


bercerita, panggung boneka, berbahasa.

References


Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004).

Syakir, Membimbing Anak Terampil Berbahasa, Seri Keluarga, (Jakarta: Gema Insani, 2002).

Martini Jamaris. 2003. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini PPS UNS. 2003

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Syakir Abdul Azhim. 2002. Membimbing Anak Terampil Berbahasa,.Seri Keluarga. Jakarta: Gema Insani.

Sinta Ratnawati., 2002. Sekolah Alternatif untuk Anak, Kumpulan Artikel Kompas, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Siti Aisyah, dkk. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka. Cetakan kesepuluh


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak