MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN METODE TAJWID DI TPQ DARUL ULUM HIDAYATULLAH KOTA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.318Keywords:
belajar ilmu tajwid, di usia kanak-kanak.Abstract
Pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempelajari ilmu tajwid. Dan juga karena dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami materi ilmu tajwid karena hukum membaca Al-Qur'an dengan tajwid adalah fardhu 'ain, khususnya santri calon tahfidz masa depan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Tujuan pembelajaran ini guna untuk meningkatkan kemapuan anak dalam membaca al qur'an dengan baik dan benar. Pengetahuan tentang pembelajatan AL-Qur’an berguna untuk meyakini dan mengamalkan ajaran agamanya agar anak menjadi seseorang yang berkepribadian muslim. Metode yang dipakai merupakan Penelitian Tindakan Partisipatif (PAR). PAR adalah pendekatan yang menggabungkan riset( research) dengan aksi( action) yang berkepanjangan serta dicoba dengan cara partisipatif bersama santriwan dan santriwati. Tujuan pembelajaran ilmu tajwid ini guna untuk meningkatkan kemapuan anak dalam membaca AL-Qur’an dengan baik dan benar. Pada tahapan yang pertama kami melakukan sosialisasi berupa perkenalan dengan para santri guna untuk mempermudah proses pembelajaran yang maksimal. Pada tahapan yang kedua kami memberikan materi berupa macam-macam ilmu tajwid, seperti Hukum nunsukun dan tanwin, yang terbagi menjadi lima, yaitu, idzhar khalki, idggom bigunnah, idgom bilagunnah, iklab, dan ikhfa’. Pada tahapan Ketiga kami memberikan praktek membaca AL-Qur’an melalui alat praga guna untuk mengingat materi ilmu tajwid yang telah di terapkan kepada masing-masing santri. Pada tahapan yang terakhir merupakan tahap evaluasi, dimana evaluasi tersebut untuk mengukur nilai-nilai kesuksesan dan kemampuan semua para santri dalam mempelajarai atau memperdalam ilmu tajwid, dari aktifitas pembelajaran yang sudah dilakukan. Hasil dari kegiatan evaluasi ini adalah semua santri darul ulum hidayatullah berhasil menerapkan hasil pembelajaran yang sudah di lakukan dengan penerapan mahrijul huruf serta hukum bacaan tajwid dengan baik yang di aplikasikan saat membaca Al-qur’an.
References
Aserani. (2013). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU PERMAINAN KUARTET TAJWID DI TINGKAT X SMK NEGERI 1 TANJUNG Aserani. VIDYA KARYA, 28(01), 46—53.
Habibbulloh, M., & Arifin, A. (2019). the Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Stad Menggunakan Alat Peraga Alquran Untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 189—202. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04
Jariyah, A. (n.d.). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN MELALUI METODE TAJWID CARD PADA SANTRI TK / TPA NURUL IMAN JALAN RAPPOKALLING KELURAHAN. PENA, 2(2).
Nur Anita, Waslah, K. N. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kalijaring Jombang. Journal of Education and Management Studies, 3(2), 13—18.
Roisul, M. (2020). Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, 1(1).
Usmani, R. (2021). PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL- QUR ’ AN penelitian secara seksama agar memberikan manfaat yang sebesar-besarnya . 11(2), 100—123.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. All published articles are open access and will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.