MEMBUMIKAN GERAKAN LITERASI PADA ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DALAM KEGIATAN RUMAH ILMU

Authors

  • Tyas Septiana Wulandari STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
  • Tamman Firdaus Muqarrobin STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.357

Abstract

Pendirian rumah ilmu di dusun Kenteng, desa Pengkol, kecamatan Mantingan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada siswa di daerah tersebut, dimana dengan adanya rumah ilmu ini diharapkakan dapat mengembangkan minat belajar siswa dan menciptakan mindset bahwa belajar itu menyenangkan, dalam pelaksanaan rumah ilmu ini, kami melakukan pengamataan mengenai masalah-masalah apa saja yang dialami anak tersebut, dalam hal ini kurangnya minat belajar terhadap mata pelajararan tertentu adalah masalah utama yang kami temukan, dengan adanya rumah ilmu ini, siswa yang mengalami masalah belajar dapat mengonsultasikan masalahnya dengan kami mahasiswa KKN, biasanya masalah yang sering dikeluhkan adalah susahnya pelajaran matematika, dimana mereka berfikir matematika adalah sesuatu yang menakutkan. Kami menerapkan beberapa metode pembelajaran yang dapat diaplikasikan secara langsung, diharapkan dengan metode pembelajaran yang tepat mampu membuat anak paham mengenai materi yang kami ajarakan, dan membuat mereka berfikir   bahwa semua mata   pejaran itu menyenangkan.

 

Kata kunci: rumah ilmu, masalah pendidikan, covid-19

References

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orang tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729—1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Aini, yulia isratul. (2021). PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR UNTUK PEMBELAJARAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU Utilizing “Rumah Belajar” Portal for Learning in The Adaptation to The New Normal. Teknodik, 25(1), 81—93.

Alisma, Y., & Adri, Z. (2021). PARENTING STRESS PADA ORANG TUA BEKERJA DALAM MEMBANTU ANAK BELAJAR DI RUMAH SELAMA PANDEMI. PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMPUNG, 3(1), 64—74.

Baihaqi, A., Zulaikhah, A., Rahmawati, B., Aini, farida nur, Indriastuti, nola noor indah, & Mutoharoh, tri apriliani. (2021). Pendampingan Rumah Baca dan Manajemen TPA di Dusun Wonorejo Bandongan Magelang Jawa Tengah. Community Empowerment, 6(3), 347—351.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Innany, M., & Suwandayani, B. I. (2019). LITERASI NUMERASI DI SD MUHAMMADIYAH. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1).

Fransisca, Y., & Surya, R. (2021). Rancangan rumah belajar dalam konsep keseharian di kawasan pademangan barat. Jurnal STUP, 3(1), 383—394. https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10739

Hidayati, N., Azizah, U., Kurniawan, riza adi, & Riskajaya, yohanes indra. (2021). PROGRAM RUMAH BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK ANAK KETERBELAKANGAN EKONOMI DAN MENTAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA. JURNAL MERPATI, 2(2), 62—71.

Indriyani, V., Atmazaki, M. Z., & Ramadhan, S. (2019). LITERASI BACA TULIS DAN INOVASI KURIKULUM BAHASA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108—118.

Iskak, W. (2021). Pengaruh Blended Learning Dan Portal Rumah Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. SHEs: Conference Series, 4(2), 178—184.

Nugraha, D., & Octavianah, dian. (2020). INDONESIA, DISKURSUS LITERASI ABAD 21 DI INDONESIA. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1).

Raco, R. (2010). METODE PENELITIAN KUAITATIF jenis, karaktr, dan keunggulannya. In GRASINDO Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia (pp. 14—15).

Riyanto, A., Firdaus, I., & Sembiring, S. (2021). PENINGKATAN PERAN RUMAH BELAJAR GARASI DALAM MENJAGA SEMANGAT BELAJAR ANAK-ANAK DI MASA PANDEMI. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 233—244.

Ruqayah, F., Handayani, neng erni, & Saeful, insan. husen. (2018). LAYANAN RUMAH BELAJAR SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBINAAN KREATIVITAS MEMBACA Studi Kualittaif Studi Kasus Komunitas MAPUSTA JABAR Pada Layanan Rumah Belajar dalam Pembinaan Kreativitas Membaca di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DISPUSIPDA) Jawa Barat. Nusantara Journal of Information and Library Studies, 1(2), 177—188.

Santosa, tomi apra, & S., E. marina. (2020). ANALISIS MASALAH PENDIDIKAN BIOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA PANDEMI COVID -19. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 273—278.

Sukadari. (2020). PELAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MELALUI PENDIDSIKAN INKLUSI. Elementary School, 7(2), 336—346.

Warsita, B. (2019). PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Utilization of Portal Rumah Belajar to Increase Learning Quality. Teknodik, 23(1), 65—78.

Yuliati, Y. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Pengertian PENDIDIKAN adalah: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya (maxmanroe.com))

pendidikan: Pengertian, tujuan, dan manfaat pendidikan (qoryanysha.blogspot.com))

COVID-19 - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter)

Memahami Metode Penelitian Kualitatif (kemenkeu.go.id)

Literasi - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

Pendidikan FORMAL: Pengertian, Tujuan dan Fungsi, serta Contohnya (maxmanroe.com)

Downloads

Published

2022-06-23

Issue

Section

Articles