PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT

Authors

  • Sumiati Sumiati STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Devy Habibi Muhammad STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ari Susandi STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i1.187

Keywords:

Pendidikan, Karakter, perspektif Islam dan Barat.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara jelas konsep pembentukan karakter dalam perspektif Islam dan Barat, dan untuk melihat tujuan pendidikan dari perspektif Islam dan Barat. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan tematik dan dianalisis dengan menggunakan content analyze (analisis isi). Hasil pembahasan dari penelitian   ini adalah melihat konsep pendidikan dari perspektif Islam merupakan karakter yang sama halnya dengan akhlak. Berbeda dengan konsep pendidikan perspektif barat. Tujuan pendidikan Islam dan pendidikan Barat tidaklah sama. Islam tidak hanya berbicara tentang dimensi sekular, tetapi juga lebih memperhatikan dimensi akhirat. pendidikan anak dalam Islam dan Barat menunjukkan bahwa adanya kesenjangan pola pikir yang digunakan para ilmuwan untuk membentuk kepribadian yang berbeda. Ketika sumber dan metode ilmu pengetahuan Barat sepenuhnya bergantung pada pengalaman, itu rasional dan seringkali materialistis, mengabaikan dan meremehkan cara memperoleh pengetahuan melalui pencerahan dan klasik. Oleh karena itu, berbeda dengan konsep keilmuan dalam Islam, yang secara epistemologis bersumber dari kitab suci Al-Qur'an yang diperoleh melalui wahyu, hadits nabi, shalawat dan salam, dan hadits para ulama.

Kata Kunci: Pendidikan , Karakter, perspektif Islam dan Barat.

References

Anwar Yulianto, B. P. (2021). ANALISIS INTERAKSI ADAB SEORANG MURID TERHADAP GURU DALAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. JURNAL IMTIYAZ, 5(1), 30—40.

Benny Prasetiya, Aries Dirgayunita, S. H. (2019). Bimbingan Orang Tua, Kedisiplinan dan Kosntribusinya Terhadap Pencegahan Perilaku Menyimpang. Shautut Tarbiyah, 25(2), 221—238.

Darma Wijaya, Hadi Wibowo, Dedi Supriadi, S. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal AKRAB JUARA, 5(4), 182—190.

Devy Habibi Muhammad, Agustiarini Eka Deasari, A. D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1), 21—33. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.821

Fauziyah Mujayyanah, Benny Prasetiya, N. K. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim ( Kajian Tafsir Al-Misbah Dan Al-Maraghi ). Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 44—51. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5251

Haris, A. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. AL-MUNAWWARAH: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64—82.

Lubis, A. T. N. (2013). pendidikan karakter dalam perspektif islam.

Muhammad Syamsi Harimulyo, Benny Prasetiya, D. H. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 72—89. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5253

Najmuddin, M. S. (2018). MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Tawadhu, 2(2), 526—542.

Nur, H. T. (2011). Perbandingan Tujuan Pendidikan Islam Dengan Pendidikan Barat. 10(20), 1—9.

Nurhayati, I. (2019). Telaah Konseptual Pendidikan Barat dan Islam. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(1). https://doi.org/10.36815/tarbiya.v8i1.352

Puspitasari, N. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim). At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01), 105—123. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.338

Putri, D. R. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU LA TAHZAN KARYA AIDH AL-QARNI.

QOMARIAH, N. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.

Riza, M. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 73—82. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309

Sobihah, Z. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(01), 78—90. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309

Sofyan Rofi , Benny Prasetiya, B. A. S. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 396—414. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i2.2658

Susandi, A. (2019). Pengajaran Guru Pendidikan Dasar Di Era Millenial Dalam Membentuk Moral Siswa. Conciencia, 19(2), 85—98. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4405

Susilo, R. E. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Al-Bahtsu, 5(2), 119—129. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/449

Syamsudin, M. (2015). PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT (Studi Analisis Pendekatan Filosofis dan Ilmu Pendidikan). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 33—58. http://www.journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/79/82

Tutik, O. M. A. L. (2013). IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH I GRESIK. 44(c), 1—8.

Downloads

Published

2022-02-05

Issue

Section

Articles