bocoran admin jarwo
slot gacor
URGENSI LEGITIMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENYUSUN KEBIJAKAN PENDIDIKAN | Kholifah | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

URGENSI LEGITIMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENYUSUN KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Nisa Amalia Kholifah, Farid Setiawan, Nurullita Almunawaroh, Afaf Wafiqoh Nusaibah, Silviana Putri Kusumawati, Shella Masrofah, Fika Wahyu Nurita

Abstract


ABSTRACT

This article will discuss the urgency of legitimacy and communication in formulating education policy. The purpose of this research is to describe a process and problems and then analyze the importance of communication and legitimacy in education policy. The research method is a qualitative research with a literature study approach. The results of the study indicate that the legitimacy of educational policies is needed so that a policy that has been formulated can be ratified as a valid policy to be enforced. Likewise, communication in policy making is also very necessary so that there are no obstacles in the form of misunderstandings in the preparation of education policies. So it can be concluded that legitimacy and communication are very urgent factors in the formulation of educational policies.

Keywords: Urgency, Legitimacy, Communication, Education Policy

 

ABSTRAK

Artikel ini akan membahas mengenai urgensi dari legitimasi serta komunikasi dalam menyusun kebijakan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan suatu proses serta problem-problem selanjutnya menganalisis pentingnya komunikasi dan legitimasi dalam kebijakan pendidikan. Metode penelitian yang dilakukan berupa penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa legitimasi kebijakan pendidikan diperlukan agar suatu kebijakan yang telah dirumuskan dapat disahkan sebagai kebijakan yang valid untuk diberlakukan. Begitupun dengan komunikasi dalam penyusunan kebijakan juga sangat diperlukan agar tidak terjadi hambatan yang berupa kesalah pahaman dalam penyusunan kebijakan pendidikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa legitimasi dan komunikasi menjadi faktor yang sangat urgent dalam perumusan kebijakan pendidikan.

Kata kunci : Urgensi, Legitimasi, Komunikasi, Kebijakan Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Anwar, M. E. (2014) ‘Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia’, Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 03(1), pp. 483–496.

Ayunda, A. Z. et al. (2022) ‘TANTANGAN MULTIKULTURALISME DI INDONESIA : MENYOAL RELASI AGAMA DAN RUANG PUBLIK’, ALSYS Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2, pp. 1–18.

Hoddin, M. S. (2020) ‘Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Pra-Kemerdekaan hingga Reformasi.’, Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), pp. 15–30. doi: 10.30984/jii.v14i1.1035.

Kuen, F. A. (2019) ‘PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI TERHADAP HUBUNGAN MASYARAKAT IKECAMATAN TAMALATE KELURAHAN MANGASA KOTA MAKASSAR’, Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 1(1), pp. 39–47.

Madjid, A. (2018) Analisis Kebijakan Pendidikan.

Maimunah (2020) ‘Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Politik Islam Di Indonesia: Sistem, Manajemen, Dan Lembaga Pendidikan Islam’, Jurnal Al-Afkar, 8(2), pp. 21–50. doi: 10.31933/jimt.v3i1.668.

Maimunah, M. and Delta, S. (2020) ‘FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISTEM MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMPENGARUHI KEBIJAKAN POLITIK PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA’, Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 8(2), pp. 21–50.

Nofrion (2018) Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. 2nd edn. Edited by Wahyudin Endang. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nusaibah, A. W. et al. (2021) ‘Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Era Milenial’, TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), pp. 107–122.

Robertua, V. (2017) ‘Krisis Legitimasi Energi Nuklir Dalam Ekonomi Politik Internasional: Studi Kasus Fukushima’, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 7(1), pp. 47–62.

Setiawan, F. et al. (2021) ‘Legitimasi dan Komunikasi Kebijakan Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(2), pp. 12–19.

Suhelayanti (2020) ‘Analisis Kebijakan Pendidikan’, Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), pp. 11–26. doi: 10.32505/lentera.v1i1.1662.

Suryana, C. (2021) Komunikasi Kebijakan Pendidikan.

Susiana (2017) ‘Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), pp. 73–88. doi: 10.25299/althariqah.2017.vol2(1).648.




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219