EFEKTIVITAS PARENTAL SUPPORT PADA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari riset ini untuk menjabarkan mengenai perbedaan antara anak yang mendapatkan peran orangtua secara penuh dengan anak yang kurang mendapatkan peran orangtua secara penuh pada perkembangan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V di SDN 2 Gamping. Riset ini merupakan riset kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil angket, wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan data penelitian yaitu: 8 anak yang diteliti sudah memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab dengan baik dan mendapatkan peran orangtua secara penuh, orangtua selalu melaksanakan tugas atau peranannya dalam memantau perkembangan karakter, membimbing anak dalam belajar di rumah serta mengarahkan anak untuk selalu bersikap disiplin dan tanggung jawab dengan baik. Sedangkan 4 anak masih kurang memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab hal tersebut terjadi karena pengaruh peranan yang dilakukan orangtua belum maksimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Atmosiswoyo, S. & S. . (2012). Peran Keluarga: Anak Unggul Berotak Prima. Gramedia Pustaka Utama.
Babang, M. P. I., & Nugroho, W. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6, Issue 11, p. 200).
Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460
MAIFANI, F. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Sejak Dini Di Desa Lampoh Tarom Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar (Issue August). UIN AR- RANIRY DARUSSALAM.
Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT. Rosdakarya.
Muhaimin, A. . (2016). Pendidikan yang Membebaskan. Ar- Ruzz Media.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. PT. Bumi Aksara.
Pratiwi, V. . (2021). Analisis Peranan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Gamping Kecamatan Suruh Kabupaten TrenggaleK. STKIP PGRI Trenggalek.
Presiden, P. (2017). Peraturan Presiden No.87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Roesli, M. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. 200. https://doi.org/https://doi.org/10.30739/darussalam.v9i2.234
Samani, M. &Hariyant. (2013). Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Alfabeta.
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315
Widianto, E. (2015). Peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39. https://doi.org/https://doi.org/10.21107
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter. Kharisma Putra Utama.
DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219