bocoran admin jarwo
slot gacor
EFEKTIVITAS PARENTAL SUPPORT PADA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR | Utami | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

EFEKTIVITAS PARENTAL SUPPORT PADA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Herlina Puji Utami, Angga Setiawan, Wahyu Nugroho

Abstract


Tujuan dari riset ini untuk menjabarkan mengenai perbedaan antara anak yang mendapatkan peran orangtua secara penuh dengan anak yang kurang  mendapatkan peran orangtua secara penuh pada perkembangan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V di SDN 2 Gamping. Riset ini merupakan riset kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil angket, wawancara, observasi  dan dokumentasi yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan data penelitian yaitu: 8 anak yang diteliti sudah memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab dengan baik dan mendapatkan peran orangtua secara penuh, orangtua selalu melaksanakan tugas atau peranannya dalam memantau perkembangan karakter, membimbing anak dalam belajar di rumah serta mengarahkan  anak untuk selalu bersikap disiplin dan tanggung jawab dengan baik. Sedangkan 4 anak masih kurang memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab hal tersebut terjadi karena pengaruh  peranan yang dilakukan orangtua  belum  maksimal.


Keywords


Parental Support,Penguatan Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Atmosiswoyo, S. & S. . (2012). Peran Keluarga: Anak Unggul Berotak Prima. Gramedia Pustaka Utama.

Babang, M. P. I., & Nugroho, W. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6, Issue 11, p. 200).

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

MAIFANI, F. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Sejak Dini Di Desa Lampoh Tarom Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar (Issue August). UIN AR- RANIRY DARUSSALAM.

Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT. Rosdakarya.

Muhaimin, A. . (2016). Pendidikan yang Membebaskan. Ar- Ruzz Media.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. PT. Bumi Aksara.

Pratiwi, V. . (2021). Analisis Peranan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Gamping Kecamatan Suruh Kabupaten TrenggaleK. STKIP PGRI Trenggalek.

Presiden, P. (2017). Peraturan Presiden No.87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Roesli, M. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. 200. https://doi.org/https://doi.org/10.30739/darussalam.v9i2.234

Samani, M. &Hariyant. (2013). Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Alfabeta.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Widianto, E. (2015). Peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39. https://doi.org/https://doi.org/10.21107

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter. Kharisma Putra Utama.




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219