bocoran admin jarwo
slot gacor
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DASAR HURUF HIJAIYYAH DALAM KELANGSUNGAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QURAN DI IMTIYAZ QUR’AN LEARNING | Agnur | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DASAR HURUF HIJAIYYAH DALAM KELANGSUNGAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QURAN DI IMTIYAZ QUR’AN LEARNING

Hideko Firryal Ghaliayah Agnur, Devy Habibi Muhammad

Abstract


Pada jurnal ini membahas tentang bagaimana cara penerapan pembelajaran huruf hijayyah atau bagaimana cara pembacaan makhorijul huruf dengan tepat, untuk dapat mempermudah anak-anak yang baru mempelajari membaca dan menulis Al Qur’an. Serta menumbuhkan motivasi anak didik untuk mempelajari dasar pembelajaran Al qur’an. Pembelajaran baca tulis Al Qur’an merupakan suatu keharusan bagi setiap umat muslim dalam pelaksaan pembelajaran Al Qur’an agar memudahkan mereka dalam memahami Al Qur’an dengan mudah. Dalam mempelajari Al Qur’an juga tentunya harus melewati tahap demi tahap.

Dengan demikian, dalam suatu pembelajaran baca tulis Al Qur’an juga dibutuhkan sebuah cara yang efisen, mudah namun tepat. Metode yang digunakan di imtiyaz Qur’an Learning menggunakan metode yang bisa mengajarkan anak cepat dalam mengeja dan membaca Al Qur’an, karena dirancang agar anak didik tidak hanya mampu membaca Al Qur’an, tetapi juga dapat menulis tepat dan efektif.

Dan adapun maksud dari penelitian ini yaitu: (1)menjelaskan apa itu pembelajaran baca tulis Al Qur’an dengan metode Imtiyaz(2)menjelaskan proses pembebelajaran baca tulis Al Qur’an dengan metode Imtiyaz(3)menjelaskan hasil pembelajaran baca tulis Al quran dengan metode Imtiyaz. Dari hasil penelitian ini bisa kita ketahui bahwasannya penerapan metode pembelajaran dasar huruf hijaiyyah di Imtiyaz Qur’an Learning sangatlah tepat.

Kata Kunci : Pembelajaran, membaca dan menulis, Al Qur’an.


Keywords


Pembelajaran; membaca dan menulis; Al Qur’an

Full Text:

PDF

References


Lucky Viona,Luszara (2016), Sistem Pendeteksi Ilmu tajwid pada Al-Qur’an Menggunakan Algoritm Lucky Viona,Luszara (2016), Sistem Pendeteksi Ilmu tajwidpada Al-Qur’an Menggunakan Algoritma Light Stemming, (Undergraduate Thesis), Universitas Muhammadiyah Jember, Hlm:2

Hayati dkk, Fenomena Lansia Menghafal Al-Qur’an Pada Majelis di Kecamatan Salimpauang Kab. Tanah Datar Sumatra Barat, (Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 02, No. 02, Bukitinggi, Juli-Desember 2018) Hlm:65

Undang-Undang Nomer 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 Ayat 20

Muhiddir Kamal, Guru Suatu Kajian Praktis, (CV Anugrah Raharja, 2019) Hlm:1

Iswantir M, Integritas Pendidik Profesional dalam melaksanakan Tugas dan Tanggung Jawabnya Prespektif Pendidikan Islam, (Bukitinggi : Kongerebee Proosedings), Hlm:3037

Wikipedia, diakses pada 23 Maret 2021

Desi Melinda, Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Di Yayasan Birrul Walidin Nagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, (Journal of Islamic Education)

Supardi, Perbandingan Metode Baca Qur’an Bagi pelajar di TKA/TPQ Kelurahan Bareng Malang, (Lemlit Stain Mataram), Hlm:98

IBN Taimiyyah,Ahmad, Majmu’ Fatawa Al-Islam, (Hadharah Shab Al-Jalalah Al-Malik Al-Muadzam), Hlm:22

Departemen Agama RI, 2008, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta, Media Insani Publishing

Wahidatul Mahfiroh, Penerapan Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Qiroati Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto, (Skripsi), Hlm:1

Salim Fikri, Metode Qiroati Dapat Meningkat Minat Siswa Membaca Al-Qur’an Di SD Ibnu Sina Kota Batam, (Tesis Pasca SarjanaPendidikan)Hlm:1

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (ALFABETA, Bandung. 2013)Hlm:2a Light Stemming, (Undergraduate Thesis), Universitas Muhammadiyah Jember, Hlm:2




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219