bocoran admin jarwo
slot gacor
POLA PENDIDIKAN KARAKTER DI KALANGAN KELUARGA PETANI DI DESA REMBANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN | Yunusiyah | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

POLA PENDIDIKAN KARAKTER DI KALANGAN KELUARGA PETANI DI DESA REMBANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN

Rahma El Yunusiyah, Rofiqo Rofiqo, Sherli Safroni, Benny Prasetiya

Abstract


Pola pendidikan karakter pada keluarga petani mayoritas menggunakan lingkup pendidikan agama seperti Madrasah,TPQ dan lain sebagainya karena mereka lebih mengutamakan keagamaan. Tujuan penelitian yang kami lakukan untuk mengetahui bagaimana cara dan apa tujuan keluarga petani dalam pola pendidikan karakter untuk anak-anak mereka. Kami menggunakan metode penelitian kualitati dimana jenis deskriptif ini membahas mengenai kejadian yang sedang terjadi di kalangan masyarakat yaitu pendidikan karakter terhadap keluarga petani. Hasil dari penelitian ini sebanyak 80% keluarga petani lebih memilih serta menyuruh anak-anaknya untuk bersekolah atau mencari ilmu di sekolah islami, dan di lanjut dengan kegiatan mengaji di musholla terdekat ataupun TPQ sekitar dengan dasar mereka ingin anak mereka lebih faham agama walau tidak dilingkungan pesantren. Dalam setiap keluarga petani pasti ada tujuan dan keinginan terbaik untuk anak mereka walau ada sedikit paksaan saat anak mereka malas, namun karena keinginannya untuk menjadi anak terbaik bagi orangtua, anak tersebut tetap melaksanakan perintah dari orangtuanya untuk menjadi anak yang Sholih.

Kata kunci : pola pendidikan karakter, sekolah berbasis agama, keluarga petani.


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2021. “Al-Qalam Al-Qalam.” Kajian Islam & Pendidikan 13(2): 20–29.

Anwar, Syaiful, Dosen Ftk, Iain Raden, and Intan Lampung. 2016. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter BangsaAnwar, S., Ftk, D., Raden, I., & Lampung, I. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 157–169.” Jurnal Pendidikan Islam 7(November): 157–69.

Bandi, A M. 2011. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani.” Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia 8(April): 2. https://scholar.google.com/scholar?cites=4695785154429841909&as_sdt=2005&sciodt=0,5&hl=en.

Fadhila, N., and Wahjoedi. 2019. “Makna Pendidikan Ekonomi Informal Bagi Keluarga Petani Di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 12(2): 125–32. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/index.

Farecha, Noviasti Nurlaely, and Ilyas. 2015. “Pendidikan Kewirausahaan Di Lingkungan Keluarga (Studi Empiris Di Kelurahan Tingkir Lor Kota Salatiga).” Journal of Nonformal Education 1(1): 1–8.

Framanta, Galih Mairefa. 2020. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2(1): 126–29.

Hafis, Abdul. “Petani Ke Pengrajin Batu Bata Di Dusun Dasan Baru.” : 1–20.

Hidayah, Ulil, Wahyuni Hosnawiyah, and Stai Muhammadiyah Probolinggo. 2020. “3. Ulil Hidayah, Wahyuni Hosnawiyah_KOMUNIKASI EFEKTIF KELUARGA UNTUK MENCEGAH PUTUS SEKOLAH PADA MASYARAKAT DESA KRAMATAGUNG KECAMATAN BANTARAN KABUPATEN PROBOLINGGO.” Journal of Islamic Education (JIE) V(1): 35–51.

Mustafa, Jamal Ibrahim. 2016. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Sejak Dini.” jurnal Al Athfal 1(2): 45–54.

Patel. 2019. “PERANAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK-ANAK.” Evi Aeni Rufaedah: 9–25.

Rofi, Sofyan et al. 2019. “Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka Dan Transformatif Kontemporer.” INTIQAD: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 11(2): 396–414.

Rosyadi, Rahmat. 2013. “Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Jakarta: Raja Grafindo Persada: 36.

Setyowati, Endah, and Alviani Permata. 2018. “Service Learning : Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat.” 1(2): 143–52.

Sudarsana, I Ketut. 2016. “Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia.” Jurnal Penjaminan Mutu 1(1): 1.

Susandi, Ari, Budi Setiawan, Aries Dirgayunita, and Yulina Fadilah. 2022. “EKSISTENSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER.” 31(1): 49–57.

Wardanik, Yuliana, Devy Habibi Muhammd, and Ari Susandi. 2021. “Konsep Pendidikan Karakter Presfektif Al-Ghazali Dan Abdullah Nashin Ulwan.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(2): 480–87.

Wirawan, Yahya Reka. 2017. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi Siswa.” Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan 3(2): 147.

Wulandari, U. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Remaja Pada Keluarga Petani.” Ranah Research: Journal of …. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/28%0Ahttps://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/download/28/17.




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219