bocoran admin jarwo
slot gacor
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X TKJ DI SMK AN-NUR | Fatahilah | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X TKJ DI SMK AN-NUR

Achmad Fatahilah, Farhana MS, Nur Khosiah

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang diukur dengan menggunakan peningkatan persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM (Tuntas) disetiap siklus. Penelitian yang sudah dilakukan ini termasuk penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Data yang sudah ada, diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan lapangan. Penelitian yang sudah dilakukan ini dilakukan dalam 2 siklus. Cara pengukuran hasil belajar dilakukan menggunakan test yaitu pre test dan post test yang dilakukan di setiap siklus. Berdasarkan data yang sudah ada, terjadi peningkatan persentase jumlah siswa yang mendapatkan predikat tuntas pada setiap siklusnya. Pada pre test diawal siklus I terdapat 32.2% dari jumlah siswa yang tuntas memenuhi nilai KKM sekolah. Pada akhir siklus I yaitu hasil post test terdapat 35.8% dari jumlah siswa yang tuntas dan hasil post test diakhir siklus II terdapat 92.9% dari jumlah siswa kelas X TKJ yang mendapatkan predikat Tuntas diatas nilai KKM. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas X TKJ SMK An-Nur Sumber Taman Probolinggo.

 

Keywords: Pembelajaran PAI, Hasil belajar, Project Based Learning (PjBL).


Full Text:

PDF

References


Anita Titu, M. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KONSEP MASALAH EKONOMI. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY" Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA". Fakultas Ekonomi UNY.

Johnson, Cynthia S., & Shannon Delawsky. (2013). Project Based Learning and Student Engagement. Academic Research International, 4 (4), 560-570

Lucas, George. (2005). Instructional Module Project Based Learning. http://www.edutopia. org/modules/ PBL/whatpbl.php. Diakses tanggal 29 Agustus 2022

Marlinda NL. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terh Nurohman S. Pendekatan project based learning sebagai upaya internalisasi scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika. Tersedia: http://staff. uny. ac. id [20 Oktober 2015]. 2007.adap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. JurnalPendidikan IPA Indonesia., 2(2).

Munawaroh A, Christijanti W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP. Journal of Biology Education. May 29;2(1).

Munawaroh R, Subali B, Sopyan A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswasmp. Upej Unnes Physics Education Journal. ,1(1).

Muriithi, E.M., Odundo, P.A., Origa, J.O., & Gatumu, J.C. (2013). Project Method and Learner Achievement in Physics in Kenyan Secondary School. International Journal of Education and Research, 1 (7), 1-12

Nurohman, S. (2007). Pendekatan project based learning sebagai upaya internalisasi scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika. Tersedia: http://staff. uny. ac. id [20 Oktober 2015].

Perdana, S. A., & Slameto, S. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.

Rohana Rs. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. InProsiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219