RELEVANSI PEMIKIRAN KH. ACHMAD DAHLAN DAN KH.HASYIM ASY’ARI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN

Authors

  • Nur Khosiah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Sofia Sofia STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Islamiah Islamiah STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/muaddib.v1i1.22

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan peradaban manusia karena dengan pendidikan kehidupan ini lebih terarah dan tidak semaunya sendiri. Pendidikan Islam merupakan salah satu cara bagaimana kita menyikapi peradaban manusia yang semakin berkemajuan agar tetap menjadi manusia seutuhnya yaitu manusia yang berprilaku sesuai dengan ajaran Islam yaitu Alqur’an dan Hadist. Dalam kajian ini penulis tertarik   dengan pendapat dua tokoh besar Ulama Indonesia yaitu KH. Achmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan Islam di era modern saat ini, Dua tokoh besar ini mempunyai cara tersendiri dalam mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia yaitu dengan mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah oleh KH. Achmad Dahlan yang didirikan di yogyakarta tahun 1912 yang mendapat sebutan kota Budaya   dan nahdlatul Ulama oleh KH. Hasyim Asy’ari yang didirikan di Surabaya tahun 1926 dengan sebutan kota Pahlawan. Beliau berdua ini mempunyai pemikiran yang sangat cemerlang   bangsa Indonesia berkemajuan tanpa mengenyampingkan urusan agama karena era modern saat ini tanpa adanya pendidikan yang relevan tentunya akan membawa dampak yang buruk pada generasi Indonesia, banyaknya kebudayaan barat, kecanggihan tehnologi yang masuk ke Indonesia akan mempengaruhi pola berfikir generasi bangsa Indonesia, agar tetap tercipta kehidupan yang damai   salah satu caranya adalah melalui pendidikan Islam

References

Asraf, Ali. 1996. Horison Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Ali, Muhammad.2016.Membelah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah.Surakarta:UMS

Ainiyah,Nur. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Al-ulum (jurnal Pendidikan Islam) Vol.1 No.1, Juni 2013.

As’ad Mahrus, Pembaharuan Pendidikan Islam di tebu ireng, Jurnal Tsaqafah Vol. 3 No.1 April 2012.

Burhanudin, Tamyiz. 2001. Akhlak Pesantren Solusi Bagi Kerusakan Akhlak. Yogyakarta: Ittiqa Press.

Mobarok, Karyadi Fathurrahman.2011.Profil Pesantren tebu Ireng. Jombang:PustakaTebu Ireng.

Mustofa.1998. Sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Marimba, Ahmad D, 1980.Pengantar Filsafat Pendidikan Islam.Bandung: Al-ma’arif.

Mut’i, Abdul.1999. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Tokoh Klasik dan Komteporer. Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Noor, Rohinah M. 2010. KH. Hasyim Asy’ari Memodernisasi NU dan pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo Khasanah Ilmu

Nizar, Samsul.2002.Filsafat pendidikan Islam.Jakarta:Ciputat Press

Nata, Abuddin.1997.Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta:Logos Wacana Ilmu.

Steenbrik, Karel A.1986. Pesantren, Madrasah, sekolah:Pendidikan Islam dalam kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Salam, Yunus.2009. KH Ahmad Dahlan dan Amal Perjuangannya.Banten: Al-Wasat

Tafsir,Ahmad.2013.Ilmu Pendidikan Islami.Bandung:Remaja Rosdakarya

Uhbiyati, Nur. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung:Pustaka Setia.

Undang-Undang Sisdiknas dan Peraturan Pelaksanaan. Jakarta:CV.Tamita Utama.

Downloads

Published

2019-09-04

Issue

Section

Articles