bocoran admin jarwo
slot gacor
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR | Khosiah | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Khosiah, Yulina Fadilah, Nizrina Sofiani Rizkillah, Irhamatul Milla

Abstract


Pendidikan adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap keluarga dalam mencetak anak yang berbakti pada orang tua dan menjadi generasi penerus bangsa. Pendidikan merupakan modal utama dalam menghadapi tantangan zaman berkemajuan, sejak dari awal anak dikenalkan dengan pendidikan dan budi pekerti. Dalam dunia pendidikan di butuhkan berbagai metode pembelajaran agar harapan guru dan orang tua lebih mudah tercapai. Karena setiap siswa punya karakter dan pola pikir yang berbeda sehingga membutuhkan keteladanan, ketelatenan, keuletan dan kedisiplinan dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran  tematik  melalui bercerita  dapat  meningkatkan  berpikir kritis siswa kelas 5 di SDI Miftahul Huda Bayeman-Tongas. Dalam hal  ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di SDI MIftahul Huda Bayeman Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo bahwa metode bercerita dapat meningkatkan minat belajar dan meningkatkan ketrampilan berfikir kritis siswa sekolah dasar dengan cara memeroleh informasi, mengembangkannya dengan cara dan karakter dia sendiri, dapat menyimpulkan dari cerita yang telah di dengarnya dengan baik dan benar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Metode Bercerita, Berfikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Aeni, N. (2018). Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 752. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p752-762

BLUMBERG, C. W., & TEPLICK, G. (1946). Early clinical and roentgenologic diagnosis of anencephaly. American Journal of Obstetrics and Gynecology, 51(4), 571–574. https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9

Goldman, Ian. and Pabari, M. (2021). Pengembangan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V MI Malihatul Hikam Lamongan.

Hatami, F., Tahmasbi, F., & Hatami Shahmir, E. (2017). Pengaruh Living Values Education Program (Lvep) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pembelajaran Tematik. Neuropsychology, 3(8), 85–102. http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html

Irsanti, S., Damayani, A. T., & Kh.B, M. A. (n.d.). Keefektifan Metode Bercerita Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iii Sdn Peterongan Semarang.

Kumalasari, L. (2019). … Suplemen Bahan Ajar Ipa Bermuatan Etnosains Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 1–154. https://lib.unnes.ac.id/35272/

Muazzomi, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Buku Bergambar di TK Al-Fiqri Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 1(9), 37–41. http://dx.doi.org/10.1016/j.tws.2012.02.007

Oktaviani.J. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Melalui Media Adobe Flash Di Kelas Iii Sd Islam Al Azhar 21 Pontianak. Sereal Untuk, 51(1), 51.

Rumiati, N. K. (2018). Model Pembelajaran Tematik Dengan Belajar Bahasa Indonesia Anak Kelas III Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 Di Sd Negeri 22 Dangin Puri. Adi Widya:Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 29–39.

Tema, P., Pembelajaran, S., & Kelas, S. (2018). Dan Metode Bercerita Terhadap Hasil Belajar Iv Di Sd Djama ’ Atul Ichwan Laweyan Surakarta.

Wati, N. K. T. M., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2013). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Pada Kelompok B2 Di TK Widya Kumara Sari. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219