bocoran admin jarwo
slot gacor
NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER AGAMA ISLAM DALAM KALANGAN MASYARAKAT KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO | Saudah | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER AGAMA ISLAM DALAM KALANGAN MASYARAKAT KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO

Siti Saudah, Sylvia Agustin, Rodiyatul Maula, Benny Prasetiya

Abstract


Mayangan merupakan sebuah desa yang sangat religius. Desa yang terletak di tepi laut ini kaya akan hasil laut, terbukti dengan 90% mayoritas masyarakat Mayangan yang bekerja di laut. Hampir seluruh  masyarakat Mayangan beragama Islam, karnanya pendidikan karakter dari generasi ke generasi menjadi semakin relevan di sini. Selain itu, untuk menjaga pendidikan karakter, orang tua  di daerah pesisir pantai cenderung lebih memilih pendidikan pesantren daripada pendidikan formal pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan skala pendidikan karakter keagamaan yang terdapat pada masyarakat Mayangan, dan pola yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif model analisis  dan studi lapangan dengan  wawancara. Hasil penelitian ini menentukan bahwa masyarakat mayangan memiliki nilai-nilai luhur dan tradisi  yang menjaga desa tersebut agar tetap hidup hingga saat ini seperti nilai-nilai agama, kedisiplinan, ketekunan, cinta tanah air, perduli lingkungan, dan jiwa sosial yang tinggi. Nilai-nilai ini diturunkan  dari generasi ke generasi, diajarkan secara informal, dan menghasilkan orang-orang yang berakhlak mulia. Nilai-nilai yang terkandung dalam masyarakat Mayangan antara lain agama, disiplin, ketekunan, cinta tanah air, ramah lingkungan dan jiwa sosial yang tinggi. Berdasarkan data tersebut, penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Mayangan masih melakukan budaya petik laut setiap tahun karena terkandung nilai-nilai mulia dan luhurnya.

Kata kunci :   Nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama, Dikalangan  Masyarakat 


Full Text:

PDF

References


Abdul Khobir. (2019). POTRET PENDIDIKAN KARAKTER DIKALANGAN KELUARGA NELAYAN. EDUKASIA ISLAMIKA JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, (4), 42–61.

Ainiyah, and W. (2013). MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Nur Ainiyah , Nazar Husain Hadi Pranata Wibawa Abstrak A . Pendahuluan Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini , hal ini berkaitan dengan fenomena dekadensi moral yang terjadi ditengah. Al-Ulum, 13(11), 25–38.

Ali, M. (2021). Al-Qalam Al-Qalam. Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 20–29.

Ari susandi, Siti Mas’ula, B. (2022). Eksistensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar:Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 49–57.

Hidayah, U. (2018). Rekonstruksi Evaluasi Pendidikan Moral Menuju Harmoni Sosial. Jurnal Pedagogik, 05(01), 69–81. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik%0APermata_ulya@yahoo.co.id

Knowles, M. S., Iii, E. F. H., & Swanson, R. A. (n.d.). Rangkuman Hasil Persentasi.

M, S. B., Bahri, S., Ag, M., & Agama, T. P. (n.d.). TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA Dr. Syaiful Bahri M,Ag.

Nata, A. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Conciencia, 18(1), 10–28. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436

Riza Faishol, Muhammad Endy Fadlullah, Fathi Hidayah, Ahmad Aziz Fanani, Y. S. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTs An-Najahiyyah. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (JPPKn), 6(1l), 43–51.

Rofi, S., Prasetiya, B., Setiawan, B. A., Jember, U. M., Jember, U. M., & Info, A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. INTIQAD: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 396–414.

Solichin, M. M. (2007). PENGEMBANGAN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RANAH AFEKTIF M. Muchlis Solichin. Tadris, 2, 76–91.

Solikhah, R. A. (2016). Strategi Menciptakan Budaya Religius Melalui Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Ma’had Al-Fikri MAN Wlingi Blitar. Digilib.Uin-Suka.Ac.Id. http://digilib.uin-suka.ac.id/16078/1/BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Sulkarnaen, A. (2018). Kelanjutan Tradisi Lisan Maddoja Bine Dalam Konteks Perubahan Sosial Masyarakat Bugis. Masyarakat Indonesia, 43(2), 269–283. http://jmi.ipsk.lipi.go.id/index.php/jmiipsk/article/view/743

Syafitri, N. (2019). Pengaruh Pendapatan, Pendidikan, dan Jumlah Anggota Keluarga Terhadap Tingkat Kesejahteraan Keluarga di Kecamatan Medan Belawan.

Wardanik, Y., Muhammd, D. H., & Susandi, A. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Presfektif Al-Ghazal i dan Abdullah Nashin Ulwan. Jurnal Edumaspul, 5(2), 480–487.

Zabala, J. (2017). UNSUR-UNSUR BUDAYA ISLAM DALAM TRADISI PERNIKAHAN MASYARAKAT JAWA TIMUR DI DESA BANGUN JAYA KECAMATAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR. In Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun.




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219