PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PEDAGANG DI LINGKUNGAN BONGKONG KELURAHAN SAMAENRE KECAMATAN SINJAI TENGAH KABUPATEN SINJAI

Authors

  • Suriyati Suriyati Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Muh. Syukri Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Dinar Dinar Universitas Islam Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.480

Abstract

Artikel ini membahas mengenai   Penerapan Pendidikan Islam dalam Lingkungan Keluarga Pedagang di Lingkungan Bongkong, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah lingkungan keluarga pedagang yang ada di Lingkungan Bongkong. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis intraktif.

Hasil penelitian menunjukkan, pertama, ketika dalam menerapkan pendidikan Islam kepada anak itu perlu adanya kesabaran, keteguhan dan kegigihan dalam membimbing, mendorong serta menasehati anak agar selalu senantiasa mengikuti ajaran-ajaran yang telah diperintahkan oleh Allah Swt. kedua, pendidikan Islam yang diterapkan mencakup pendidikan ibadah yakni shalat, mengaji, puasa, dan zakat. Pendidikan akhlak yakni keteladanan, kesopanan dll, dan pendidikan muamalah yakni mengajarkan anak bersosialisasi dengan baik di lingkungannya. Ketiga, keterlibatan orang tua dalam mendidik, mendukung dan menerapkan pendidikan Islam kepada anak sehari-hari.

References

Baso Bintang, Kepala Kantor Kelurahan Samaenre Kecamatan Sinjai Tengah, observasi dan wawancara, desember 2021, Sinjai.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. PT Rineka Cipta.

Mahmud, Gunawan, H., Acitra, Y., & Yulianingsih, Y. (2013). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Akademia Pertama.

Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa.

Primadonati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Didaktika, 77-78, 2020. Jurnal Didaktika, 9(1), 77—78.

Purnomo, H. (2019). Psikolog Pendidikan. LP3M.

Syafiuddin, I. (2014). Strategi Penerapan Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga Pedagang Muslim Kelurahan Tompokersan Lumajang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2023-10-22

Issue

Section

Articles