PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU MELALUI PENGGUNAAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 44 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan metode CTL (contectual teaching and Learning ). Penelitian ini masalah yang akan dibahas adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengkonstruksi, menemukan, bertanya dan mengemukakan pendapat bekerja sama dengan kelompok, menjelaskan dengan model dan melakukan refleksi pada siswa Kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode ini sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada aspek Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I dan II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohamad, 2003, Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi, Angkasa, Bandung
Arikunto, Suharsini. 2000. Prosedur Penelitian Bina aksara Jakarta
Arikunto, Suharsini.Suharjono. Supardi. 2007. Penelitian tindakan kelas Bumi aksara: Jakarta
Cece Wijaya, 2000, Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia, Remaja Rosdakarya, Bandung
Depdiknas. 2003 Pendekatan Kontekstual (CTL). Jakarta:
Listyawati, Muji. 2012. Pengembangan Perangkat Pembeljaran IPA Terpadu Di. SMP. Journal Of Innovative Science Education. Vol. 1. Juni 2012. 61-. 69
Moh. Uzer Usman, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung
Nasution, S (2000) Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nurhadi. 2002. Pendekatan konstekstual. Contextual Teaching and Learning (CTL). Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Prasetiya, B. (2017). Studi Korelasi Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar PAI Kelas XI di SMA/SMK/MA se Kota Probolinggo. Edukasi, 05(02), 149–170.
Prasetiya, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Madrasah Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Di Probolinggo. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 441–465.
Sanjaya, Wina(2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana prenada group
DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v1i2.69
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219