EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
DOI:
https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.699Abstract
Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap Peningkatan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru (Penelitian True Experimental Design terhadap Guru-guru Pelaksana Kurikulum Merdeka di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang)” Peneletian ini dilatari pengamatan sementara ditemukan permasalahan bahwa guru-guru kurang memahami Kurikulum Merdeka. Padahal, pemerintah sudah menyediakan sarana untuk sosialisasi Kurikulum Merdeka tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendidikan dan pelatihan pemanfaatan platform merdeka mengajar terhadap peningkatan kreativitas dan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang digunakan adalah dengan menggunakan bentuk True-Experimental Design, yaitu desain yang penelitinya dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi manipulasi eksperimen. Teknik pengumpulan datanya berupa tes yang dilakukan setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum pendidikan dan pelatihan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar, hasil analisis ujiShapiro-Wilk menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar kreativitas dan kompetensi pedagogik tidak berdistribusi normal. Hal ini menandakan adanya perbedaan tingkat kemampuan kreativitas dan kompetensi pedagogik di antara para guru sebelum mengikuti pelatihan. (2) Terjadi peningkatan yang signifikan dalam kreativitas dan kompetensi pedagogik guru pelaksana Kurikulum Merdeka di Kecamatan Cimanggung. Hasil analisis uji Wilcoxonmenunjukkan bahwa mayoritas dari 30 responden mengalami peningkatan nilai kreativitas dan kompetensi pedagogik setelah mengikuti pelatihan. (3) Efektivitas pendidikan dan pelatihan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dengan topik Perencanaan Pembelajaran SD terhadap peningkatan kreativitas dan kompetensi guru-guru pelaksana Kurikulum Merdeka di Kecamatan Cimanggung secara keseluruhan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan temuan penelitian di atas, maka pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar layak digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan topik Perencanaan Pembelajaran.
Kata kunci: Platform Merdeka Mengajar; Kreativitas; Kompetensi Pedagogik Guru.
References
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ditpsd Kemdikbud. (n.d.). Platform Merdeka Mengajar. Retrieved from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/platform-merdeka-mengajar
Halimah, L. (2019). Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad Ke-21. Bandung: Refika Aditama.
Kurikulum Kemdikbud. (n.d.). Kurikulum Merdeka. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka
Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurwanto, Agus. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Rahayu, Siti. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Makalah disajikan pada Konferensi Manajemen dan Bisnis Internasional, Jakarta.
Rianto, Andika. (2019). Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Santoso, Budi. (2010). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Studilmu. (n.d.). Pengertian Kreativitas dan Contoh Kreativitas. Retrieved from https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-kreativitas-dan-contoh-kreativitas
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2018). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, R., & Rostina. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ujione. (n.d.). Apa Itu Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)? Retrieved from https://ujione.id/apa-itu-pendidikan-dan-pelatihan-diklat
Undang-undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (2006). Jakarta: Lembaga Advokasi dan Pembinaan Pendidikan Nasional.

