bocoran admin jarwo
slot gacor
KREATIVITAS DAN PROFESIONALITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKJ DI SMK AN–NUR SUMBERTAMAN KOTA PROBOLINGGO | Annisa | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

KREATIVITAS DAN PROFESIONALITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKJ DI SMK AN–NUR SUMBERTAMAN KOTA PROBOLINGGO

Dewi Annisa

Abstract


Guru sebagai fasilitator belajar mempunyai peran utama dalam membawa proses pendidikan peserta didik di lingkungan belajar. Tolak ukur keberhasilan belajar peserta didik adalah prestasi belajar yang dimotori oleh kreativitas dan profesionalitas guru. Dalam penelitian ini  kreativitas dan profesionalitas guru dijadikan acuan untuk melihat hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas X TKJ di SMK AN–NUR Sumbertaman Kota Probolinggo. Dengan menggunakan metode penelitin deskriptif kualitatif peneliti melakukan observasi dan interview terhadap guru PAI guna melihat bagaimana keatifitas dan profesionalitas yang diterapkan dalam  meningkatkan prestasi belajar siswa.  Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Kreativitas dan Profesionalitas Guru PAI dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X TKJ di SMK AN–NUR Sumbertaman Kota Probolinggo memiliki daya kreativitas dan profesionalitas yang terlahir dari ide-ide guru yang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Guru mengembangkan metode pembelajaran dengan menggunakan kombinasi dari beberapa metode pembelajaran agar lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi. Sehingga materi mudah dipahami oleh siswa dan berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa. Sedangkan kemampuan profesional digambarkan dengan kemampuan menguasai bidang studi dari guru mengajar memiliki persiapan dan  kompetensi bidang pengajaran yang dimilikinya.


Keywords


Kreativitas, Profesionalitas, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Barizzi. 2009. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruz Media. Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chandler, B. J. 2013 Education and The Teacher, (New York: Dodd, Mead dan Company Inc).

Diana, Mutiah. 2014. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djamarah. 2007. Guru dan Anak. Yogyakarta: Kansius.

Djamarah. 2007. Strategi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamal Ma’mur dan Asmani. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Moh,Rusli. 2013 Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Prenduan, Paramadani.

Naim, Ngainun Naim. 2009. Menjadi Guru Kreatif. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana dan Ahmad Rifai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana. 2016. Dasar-Dasar Proses Mengajar. Jakarta : Alfabeta Jaya

Sumadi Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Prasetiya, B. (2017). Studi Korelasi Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar PAI Kelas XI di SMA/SMK/MA se Kota Probolinggo. Edukasi, 05(02), 149–170.

Prasetiya, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Madrasah Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Di Probolinggo. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 441–465.

Prasetiya, B. (2019). Analisis Studi Korelasional Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. AL-MURABBI:, 5(2), 165–184.




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i1.72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219