bocoran admin jarwo
slot gacor
HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DAN KOMPETENSI GURU PAI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK | Apriliningsih | AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan

HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DAN KOMPETENSI GURU PAI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Ririn Apriliningsih

Abstract


Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini untk mendeskripikan Hubungan Interaksi Edukatif Dan Kompetensi Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Interaksi Edukatif dan Kompetensi guru PAI terhadap Pembentukan karakter peserta didik SMK Negeri 1 Bayuanyar Kabupaten Probolinggo. Hal ini dibuktikan dengan nilai R hitung sebesar 0,479 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (p<0,05) dan nilai R2 sebesar 0,229, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Interaksi Edukatif dan Kompetensi guru PAI secara bersama-sama terhadap Pembentukan karakter peserta didik adalah sebesar 22,9 % sedangkan 77,1 % dipengaruhi variable lain.


Keywords


edukatif, interaksi, guru, karakter

Full Text:

PDF

References


Anhar, H. (2013). Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, 13(1), 28–41.

Anwar, S. (2011). STUDI REALITAS TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAMSEKOLAHMENENGAH ATAS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 9(2), 145–159.

Hambali, M. (2016). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI. Jurnal MPI, 1, 70–89.

Hartati., M. I. ; S. C. Y. (2014). Survei Interaksi Edukatif Guru Dengan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan DI SMP DAN MTS Se- Kecamatan Balongpanggang Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(03), 675–679.

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 70–81.

Hasibuan, H. (2016). Studi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Forum Paedagogik, 08(02), 14–38.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Masitha, D. (2017). Pola Interaksi Edukatif Guru-Murid Terhadap Peningkatan Akhlakul Karimah: ( Studi Multisitus di MIN Tolobali dan SDIT Insan Kamil Kota Bima). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 64–79.

Mollah, M. K. (2015). Konsep Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 235–256.

Nasrullah. (2015). UPAYA guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa. Upaya guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswA, XII(1), 1–17.

Prasetiya, benny; Rofi, S. (2018). Pendidikan Nilai: Konsep Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Imtiyaz, 2(1), 15–33.

Prasetiya, B. (2017). Studi Korelasi Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar PAI Kelas XI di SMA/SMK/MA se Kota Probolinggo. Edukasi, 05(02), 149–170.

Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali. Intiqad, 9950(December), 249–267.

Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). PENGUATAN NILAI KETAUHIDAN DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM. Journal of Islamic Education (JIE), III(1), 1–15.

Prasetiya, B., Safitri, M. M., & Yulianti, A. (2019). Perilaku Religiusitas: Analisis Terhadap Konstribusi Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 303–312. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015

Ramadan. (2014). Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam. 1–17.

Rofi, S., Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad, 11(2), 396–414.

Siswanta, J. (2012). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah umum tingkat sma/ smk Kabupaten Magelang. INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 6(2), 349–370.

Sulistiyorini, D. ; yasin nurfalah. (2019). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Dewan Jamaah Mushola (DJM) Di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 40–49.




DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i1.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Soekarno - Hatta No.94B, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219