PENINGKATAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DENGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Authors

  • Muhammad Dwi Alfauzan UIN Jkt
  • Siti Nurhasanah

DOI:

https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.830

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi kurikulum 2013 dalam menumbuhkan prestasi non akademik peserta didik di SD Dharma Karya UT, Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yang berorientasi pada tujuan dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan daengan cara wawancara, observasi, studi dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan konklusi. Dan hasilnya didapatkan kesimpulan bahwa implementasi kurikulum 2013 di SD Dharma Karya Pondok Cabe Udik diselenggarakan dengan baik. Berdasarkan temuan penelitian di lapangan terkait implementasi kurikulum 2013. Kepala sekolah menugaskan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan sebagai koodinator kegiatan ekstrakulikuler, untuk menyusun rencana kegiatan ekstrakulikuler, memberikan arahan teknis terkait program ekstrakulikuler serta mengadakan sosialisasi untuk semua aspek yang terlibat atas program ekstrakulikuler. Diharapkan peserta didik di sekolah dapat mengikuti program ekstrakulikuler bertujuan untuk mengasah bakat, minat, kemampuan, serta menggali potensi yang dimilikinya untuk menumbuhkan prestasi non akademik peserta didik.

Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Prestasi Non Akademik

References

Abdul Majid dan Chaerul Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Impementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad Hikami, D. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Non-Akademik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 2(1), 39.

Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Unnes Press.

Bambang F, D. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik di SDN 2 Cipeujeuh Kulon. Edulead, Journal of Education Management, 4(1), 79.

City Council, H. (2020). Some curriculum implications. Supporting Children with Dyslexia, 40–40. https://doi.org/10.4324/9780203821411-19

Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ektrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, XIII(2), 19.

Damayanti, W. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Di Sdn Candirejo Kabupaten Semarang. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 59–69. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4772

Dirman dan Cicih Juarsih. (2014). Pengembangan Kurikulum (Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa). PT Rineka Cipta.

Harosid, H. (2018). Curriculum 2017 revised 2013 (in Bahasa). Tersedia Di Https://Scribd. Com. Diakses Pada Tanggal, 5.

Marjono. (2018). Sembilan Kiat Sukses Berprestasi. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng.

Mulyasa. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2008). Manajemen Adminstrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Pahrudin, Agus dan Dona Dinda, P. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Penghasilan Hasil Pembelajaran. Pustaka Ali Imron,.

Pardomuan, M. J. N. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067

Permendikbud No 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Lampiran III, Pedoman Kegiatan Ekstrakulikuler. (n.d.).

Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Deepublish.

Siti Nurhasanah; dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Edu Pustaka.

Siti Nurhasanah. (2023). Statistika Pendidikan. Salemba Diniyah.

Suhendra, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Prenadamedia Group.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya,.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33.

Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran Agama Islam. PT Raja Grafindo Persada.

Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-12-19

Issue

Section

Articles