MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI GAJUGAN KABUPATEN PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i2.400Abstract
Keberadaan media pembelajaran menjadi begitu penting didalam suatu pengajaran yang dikarenakan dengan adanya suatu media pengajaran, guru akan lebih menjadi kreatif dan terampil pada saat menyampaikan sebuah materi pembelajaan yang disampaikan pada siswa. Penelitian ini bertujuan adalahuntukmemberi pengetahuan lebih jauh mengenai penerapan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I SD Negeri Gejugan Kabupaten Probolinggo dalam pembelajaran PAI. Tata cara peneliitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas ataupun PTK dan hasil penlitian menampilkan kalau pada siklus I memiliki nilai rata-rata 52,5 dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 60. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih dikatakan minim dan belum mengalami peningkatan. Dan apabila dilihat pada siklus II nilai rata-rata siswa 82,0 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 90, dari hasil siklus II ini bisa menampilkan kalau siswa sudah mengalami kenaikan dalam belajar walaupun terdapat ada satu siswa yang masih mempunyai nilai rendah. Hingga dari hasil pretes tersebut dalam pendidikan bias disimpulkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas I SD Negeri Gejugan Kabupaten Probolinggo dengan pemakaian media audio visual.
References
Anggraini, E., Faridah, A., & Yelfi, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Bakery. Jurnal PTK, 2(3).
Defiya. (2014). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.
Hamzah B. Uno, dkk. (2011). Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Husein, T. S. S. U. S. (2019). PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA NEGERI 5 BURU KECAMATAN LILIALY KABUPATEN BURU. Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 66—83.
Manshur, U., & Ramdlani, M. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran pai. 5(1), 1—8.
Mariyah, Y. S., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari Increasing Student Motivation Through the Use of Audio Visual Media : Experimental Study in Dance Learning. Journal of Educaton, Humaniora and Scial Sciences, 4(2). https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778
Rike Andrian, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes ). JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 4(1), 80—86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5).
Utomo, G., Harini, H., & Ayuningrum, S. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika melalui Media Audio Visual. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar, 110—117.
Yoyoh Siti Mariyah, Agus Budiman, H. R. & W. D. A. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959—967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. All published articles are open access and will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.