PEMBELAJARAN RISET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Miftakhur Rizki STIT Muhammadiyah Bojonegoro
  • Fiki Dzakiyyatul Aula
  • Luluk Ismiatu

DOI:

https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i2.430

Abstract

Gaya mengajar guru dengan cara tradisional adalah dengan menjelaskan teori dan latihan. Bagaimanapun gaya mengajar yang buruk itu tidak tepat dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, karena murid tidak kreatif dan cenderung dituntun oleh contoh dari guru. Jadi dibutuhkan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak terutama dalam pembelajaran IPA. Tujuan jurnal ini adalah menjelaskan Pembelajaran Berbasis Riset (PBR) bisa secara efektif meningkatkan keterampilan proses sains di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dari beberapa artikel jurnal, buku, maupun sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Riset dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik sekolah dasar.

Kata kunci: pembelajaran riset, keterampilan proses sains

References

AydoÄŸdu, B., Erkol, M., And Erten, N. 2014. “The Investigation Of Science Process Skills Of Elementary School Teachers In Terms Of Some Variables: Perspectives From Turkey”. Asia-Pacific Forum On Science Learning And Teaching. Volume 15, Issue 1, Article 8. [Online]. https://www.eduhk.hk

Abdul Rahman Tibahary dan Muliana. 2018. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Dampal selatan. Scolae: Journal of Pedagogy, Volume 1, Number 1, 2018: 54-64. https://media.neliti.com/media/publications/322093-model-model-pembelajaran-inovatif-0b0c9f0f.pdf

Cahyo, N.A. 2013. Panduan AplikasiTeori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA Perss.

Depdiknas. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fowler dalam Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartika Chrysti S. Pembelajaran Berbasis Riset Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Peningkatkan Ketrampilan Proses IPA Bagi Siswa SD. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS. https://media.neliti.com/media/publications/175371-ID-pembelajaran-berbasis-riset-dengan-pende.pdf

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Badan Pengembangan SDM dan Penjamin Mutu Pendidikan. Jakarta: Kemendikbut.

Lestari, Siti Nur Azizah Puji Ayu. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta didik pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pena Ilmiah, vol. 2, No. 1

Nurbani, D. G. 2016. Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik SD Kelas IV Pada Materi Hubungan Antara Sifat Bahan Dengan Kegunaannya. Pena Ilmiah , 1 (1), 211-220.

Pepen Arifin. Research Based Learning. 2010. Makalah Disampaikan Pada Simposium di Universitas Sebelas Maret, 28 Oktober 2010. Surakarta: UNS Press.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah. .

Permendikbut. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 67 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah dasar/madrasah ibtidaiyab.

Rustaman, A. 2005. Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung. Bandung: UPI Press.

Semiawan, C. dkk. 1985. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Slameto. 2015. Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran yang Inspiratif. 102 Satya Widya, Vol. 31, No.2. Desember 2015: 102-113 FKIP - Universitas Kristen Satya Wacanahttps://www.researchgate.net/publication/315342555_PEMBELAJARAN_BERBASIS_RISET_MEWUJUDKAN_PEMBELAJARAN_YANG_INSPIRATIF

Sukarno, Permanasari, A., dan Hamidah, I., 2013. The Profile of Science Process Skills (SPS) Students at Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER). ISSN [Online] 2347-3878 Vol I Isue 1 September 2013.

Sulistyorini. 2007. PembelajaranIPA Sekolah Dasar. Semarang: TiaraWacana.

Tri Andiyanto. 2017. Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Studi Pada TK Mentari Kec. Abung Selatan Kab. (Lampung Utara. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung. Elementary Vol. 3 Edisi Januari-Juni 2017). https://core.ac.uk/download/pdf/235260342.pdf

Widayati, D.T., dkk. 2010. Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Widodo, A. dan Firman H. 2007. Buku Panduan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorinetasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Wisudawati & Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-08-03

Issue

Section

Articles