PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT,RECITE, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI DI MI NURUL ISLAM

Authors

  • Abdul Hafid Bahtiar STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO
  • Mohammad Arifin
  • Moch. Muhaimin
  • Benny Prasetiya

DOI:

https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i2.431

Abstract

Pada kenyataannya rata-rata siswa di MI Nurul Islam khususnya kelas VI yang pada umumnya berdomisili didaerah pedesaan utamanya di Tegalrejo dalam mengetahui dan memahami tentang thawaf dan haji, masih dikategorikan belum sepenuhnya mengerti tentang materi tersebut hal ini dimungkinkan karena latar belakang pendidikan mereka yang berada didaerah pedesaan sehingga kurang mengerti terhadap perkembangan zaman, lain halnya dengan mereka yang berdomisili dan pendidikannya didaerah perkotaan khususnya dalam memahami tentang penerapan metode penerapan PQ4R. Adapun jenis penelitian yang kami laksanakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Metode pembelajaran PQ4R (pratinjau, tanya jawab, membaca, refleksi, membaca, meringkas) supaya siswa bisa membaca sepintas, mengajukan pertanyaan pada pribadinya tentang masalah, membaca dari berbagai sumber bacaan untuk menambah wawasan, (refleksi) adalah membangkitkan kembali pembelajaran yang telah dialaminya, merenungkan (mengingat) kembali, Review, pada fase ini siswa supaya bisa membaca hasil rangkumannya dan bisa mengulang kembali seluruh isi bacaan. Sehingga akan tumbuh pada diri siswa rasa percaya diri yang pada akhirnya dapat menunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI (Fiqih) khususnya materi thawaf dan haji, agar siswa memahami tata cara melakukan thawaf dan haji. Adapun teknik pengambilan data dengan cara melakukan tes dan observasi secara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan penerapan  metode PQ4R ini bisa meningkatkan pengetahuan siswa pada materi tersebut, siklus ke1 dapat mencapai persentase 33,3% dan siklus ke 2 naik menjadi 100% siswa dikatakan tercapai dengan nilai KKM 75%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian serta pembahasan yang sudah diterapkan, maka dapat disimpulkan melalui metode PQ4R dapat menambah pengetahuan siswa kelas VI MI Nurul Islam pada tahun pelajaran 2021/2022

Author Biography

Abdul Hafid Bahtiar, STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

References

Alias, M., & Elvri, R. (2018). PENGARUH STRATEGIPEMBELAJARANPQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs RAUDLATUL FIRDAUS DESA DURIAN KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. 007, 52—58.

Astriani Wangka1, M. U. (2021). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT,RECITE, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI. Jurnal Tarbawi, 47(1), 124—134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

ErMan, A. J. P. P., & Prast, dan T. (2013). P ENERAPAN STRATEGI I BELAJAR PREVIEW, QUESTION, READ, REF FLECT, RE ECITE, REVI IEW (PQ4R ) PADA MAT TERI KALO OR UNTUK M MENINGKA ATKAN KETUNTA AN BELAJAR SISWA K K S KELAS VII SMP NEGERI 5 SIDOA ARJO. Jurnal Pendidikan Sains, 01(02), 123—130.

Handoyo, Y. L. D. (2013). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIIIB SMP KANISIUS KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA PADA MATERI “SISTEM PENCERNAAN MANUSIA” MELALUI METODE PQ4R.

Marika, A., Hardigaluh, B., & Ariyati, E. (2015). PENGARUH METODE PQ4R DISERTAI QUESTION STUDENT HAVE PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN KELAS VIII SMP. 1—8.

Mutmainah, I. W. D. H. I. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Negeri Unggulan Manado. 9(01), 35—61.

Rizal, J. T., Km, N., Kuliah, M., Pulungan, M. S., Sos, S. I., & Psi, M. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PQ4R DI KELAS V SD NEGERI 0510 SIHIUK. 0634, 24022.

Rodin, S. D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Melalui Penerapan PQ4R di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, 4(1), 64.

Saffan, E., & Febrianda. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Fitra, 3(2), 104—115.

Sitorus, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Pq4R Berbantuan Jamboard Google Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Tekanan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri …, 7(2), 40—45. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/27043%0Ahttps://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/download/27043/pdf

Triandono, W. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI PERISTIWA SUMPAH PEMUDA MELALUI METODE BELAJAR PQ4R Pendahuluan Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menumbuhkan potensi smber daya manusia melalui kependidikan yang berkaitan dengan yang lainnya , yaitu bangsa sanga. 04(02), 241—258.

Wahidah, E. Y. (n.d.). Implementasi Strategi Pembelajaran Jurnal Ilmu Tarbiyah “ At -Taj did ”, Vol . 5 No . 1 , Januari 2016. 29—53.

Yudha Puspito, Latifah, S. S. M. (2012). METODE PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW STRATEGI CONCEPT MAPPING. School Science and Mathematics, 2(1), 148—153. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1902.tb00418.x

Downloads

Published

2022-08-03

Issue

Section

Articles