STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i2.432Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pelajaran yang wajib diajarkan di setiap lembaga pendidikan, terutama lembaga yang bernafaskan Islam dibawah naungan Kemenag maupun Kemendikbud. Bagi Guru Pendidikan Agama Islam dari semua jenjang pendidikan (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA) haruslah mempunyai strategi khusus dalam menjawab tantangan era globalisasi. Kemajuan zaman yang semakin canggih ini banyak peserta didik mulai mengalami penurunan moral akibat banyaknya pengaruh dalam maupun pengaruh luar yang masuk ke setiap individu melalui berbagai media maupun pergaulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik Kelas VI di SDI Miftahul Huda Desa Bayeman Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Adapun penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun strategi guru pendidikan agama dalam penanaman nilai religius antara lain: pembiasaan sholat dhuha berjama’ah, membaca alqur’an, membaca Asmaul Husna dan surat Yasin sebelum pelajaran dimulai, perencanaan pada setiap SK dan KD dalam menyisipkan nilai religius pada peserta didik, adanya Progam Harian.
Kata kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Penanaman nilai-nilai religius
References
Aini (2016) ‘Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa di SD Negeri Lampeuneurut’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1), pp. 68—77.
Ansori, R.A.M. (2016) ‘Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Peserta Didik’, Jurnal Pusaka: Media Kajian dan Pemikiran Kalam, 8, pp. 14—32.
Karenina, D. and Hidayat, S. (2022) ‘PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Model Penumbuhan Sikap Religiusitas Anak melalui Program Pembiasaan di Sekolah Dasar pada Masa Pandemic yang’, 9(1), pp. 197—206.
Meria, A. (2015) ‘Model Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SDLB YPPLB Padang Sumatera Barat’, 11(2), pp. 355—380.
Oktifuadi, K. (2018) ‘No Title No Title’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689—1699. doi:10.1017/CBO9781107415324.004.
Putri, E. and Husmidar, D. (2021) ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar’, Journal of Basic Education Research, 2(1), pp. 24—28. doi:10.37251/jber.v2i1.132.
SIFA’RAIS, F. (2020) ‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Sosial Agama Pada Peserta Didik Di Smp Negeri 1 …’, Jurnal Educatio FKIP …, 7(1), pp. 12—18. doi:10.31949/educatio.v7i1.693.
Sujadi, S.A.W. dan A.A. (2015) ‘Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri’, SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), pp. 51—63. doi:10.30738/sosio.v1i1.518.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. All published articles are open access and will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.