LITERASI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Faisal Faliyandra STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Yulina Fadilah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Silvi Andriana STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Siti Zainab STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i2.513

Abstract

Pada abad 21 ini kemampuan teknologi menjadi indikator penting untuk meningkatkan mutu dibidang pendidikan. Seperti pendidikan IPS yang tidak boleh berdiam diri dalam untuk berinovasi menghadapi perkembangan teknologi. Maka tulisan ini akan mengungkapkan berbagai kajian lilelatur konsep pendidikan IPS pada perkembangan teknologi. Hasil dari analisis beberapa referensi (jurnal ilmiah dan buku referensi) menjelaskan bahwa pendidikan IPS harus menerapkan konsep pembelajaran sepanjang hayat, agar peserta didik dapat menggunakan pengetahuannya bukan saja disekolah melainkan juga dimasyarakat. Untuk itu literasi digital sangat perlu diintegrasikan dalam pendidikan IPS dengan menerapkan proses Self-Regulated Learning (SRL), Open Network Learning Evironment (ONLE), Personal Learning Environment (PLE). Adapun beberapa praktik literasi digital pada pendidikan IPS dipaparkan pada pembahasan tulisan ini. Diharapkan dengan mengintegrasikan literasi digital pada pendidikan IPS memberikan wajah baru pengembangannya bagi pendidikan dimasa depan.

References

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85—98.

Ahyari, D. F. (2012). Pemanfaatan surat kabar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sekarpuro Malang. Universitas Negeri Malang.

Barton, D. (2007). Literacy: An introduction to the ecology of written language (2nd ed). Oxford: Wiley-Blackwell.

Dorofeeva, A. A., & Nyurenberger, L. B. (2019). Trends in digitalization of education and training for industry 4.0 in the Russian Federation. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 537(4), 42070. https://doi.org/10.1088/1757-899x/537/4/042070

Duggan, S. B. (2019). Education Policy, Digital Disruption and the Future of Work: Framing Young People’s Futures in the Present. Springer Nature.

Gani, A. A. (2018). Interaksi Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 83—87.

Hadaya, A., & Hanif, M. (2019). The Impact of Using the Interactive E-Book on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(2), 709—722.

JISC. (2014). Developing digital literacies. Retrieved September 21, 2021, from https://www.jisc.ac.uk/guides/developing-digital-literacies

Jones, T. J. (1906). Social studies in the Hampton curriculum. Hampton Institute Press.

Lybarger, M. (1983). Origins of the modern social studies: 1900—1916. History of Education Quarterly, 23(4), 455—468.

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3051

Marsh, J. (2016). The digital literacy skills and competences of children of pre-school age. Media Education, 7(2), 178—195.

Neumann, M. M., Finger, G., & Neumann, D. L. (2017). A conceptual framework for emergent digital literacy. Early Childhood Education Journal, 45(4), 471—479.

Noor, A. M., Embong, A. M., & Abdullah, M. (2012). E-books in Malaysian primary schools: The Terengganu chapter. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 6(6), 1106—1109.

Ogle, D., Klemp, R. M., & McBride, B. (2007). Building literacy in social studies: Strategies for improving comprehension and critical thinking. ASCD.

Papa, R., & Armfield, S. W. J. (2018). The Wiley handbook of educational policy. John Wiley & Sons.

Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration of Learning Resources in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 56—67.

Permana, I. M. J., & Sujana, I. W. (2021). Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 1—9.

Puustinen, M., & Pulkkinen, L. (2001). Models of Self-regulated Learning: A review. Scandinavian Journal of Educational Research, 45(3), 269—286. https://doi.org/10.1080/00313830120074206

Rahman, D., Gagaramusu, Y. Bin, & Langandesa, Y. R. (2015). Pemanfaatan Surat Kabar Sebagai Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN No. 3 Malei. Jurnal Dikdas, 3(3).

Ratri, S. Y. (2018). Digital Storytelling Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 1(01), 1—8.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Selwyn, N. (2015). Data entry: Towards the critical study of digital data and education. Learning, Media and Technology. https://doi.org/10.1080/17439884.2014.921628

Tu, C.-H., Yen, C.-J., Blocher, J. M., & Chan, J.-Y. (2014). A study of the predictive relationship between online social presence and ONLE interaction. In Cyber Behavior: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (pp. 1731—1744). IGI Global.

Zoher Hilmi, M. (2017). Implementasi pendidikan IPS di sekolah dasar. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 168. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/198/189

Downloads

Published

2022-12-14

Issue

Section

Articles