STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI MI MISBAHUT THOLIBIN LECES - PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v4i2.779Abstract
Pendidikan hal yang teramat penting dalam kehidupan. Dengan pendidikan seseorang akan dapat merasakan bentuk perubahan pada dirinya, masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Seperti halnya cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 yang berbunyi “Mencerdaskan kehidupan bangsa” Dan dalam hal ini pemerintah kita berusaha agar mewujudkan cita-cita dari bangsa ini salah satunya dengan menggalakkan literasi, numerasi dan adaptasi tehnologi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi guru kelas 3 dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 di MI. Misbahut Tholibin Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang di gunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang di gunakan guru kelas 3 dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 antara lain dengan membaca 15 menit sebelum bel masuk kelas berbunyi, membaca butir-butir pancasila, membaca buku dengan sistem proges setoran ke guru kelas, bercerita tentang pengalaman masing-masing siswa,game tebak kata, game kata bersambung.
Kata kunci: Strategi guru kelas 3, literasi membaca
References
Fatima, W. Q., Khairunisa, L., & Prihatminingtyas, B. (2020). Metode Pembelajaran Berbasis Game Untuk. 3(1), 17–22.
Guru, B. (n.d.). Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Senada) Pertama Tahun 2019. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/profile/Diah-Suryarini/publication/342409431_Prosiding_SENADA_PGSD_STKIP_Al_Hikmah_2019/links/5ef2c8fd458515ceb207f28e/Prosiding-SENADA-PGSD-STKIP-Al-Hikmah-2019.pdf
Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.11992
Iskandar, R., & Prastowo, A. (1907). META ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL INSTRUCTIONAL GAMES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH. 18(1), 30–38.
Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/36000/23206
Putri, A. R. S. (2019). Kegiatan Literasi 15 Menit Terhadap Minat Baca Kelas Iv Sd Negeri Salatiga 05. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 61–65. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1447
Sukiyanto, S., Mufidah, E., Maulidah, T., & Nisa’, R. (2021). Pendampingan Gerakan Literasi Masyarakat Melalui Rumah Baca. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.4250
Wahyu Anggraeni, C., Nisma Wulanjani, A., Fadhilia Arvianti, G., & Tidar, U. (2021). ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) PROGRAM LET’S READ LET'S CREATE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR History Artikel. 2(1), 106–111. https://www.instructure.com/canvas/en-
Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 16(2), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6617
Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. November.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. All published articles are open access and will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.