STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI MI MISBAHUT THOLIBIN LECES - PROBOLINGGO

Authors

  • Nur Khosiah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v4i2.779

Abstract

Pendidikan hal yang teramat penting dalam kehidupan. Dengan pendidikan seseorang akan dapat merasakan bentuk perubahan pada dirinya, masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Seperti halnya cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 yang berbunyi  “Mencerdaskan kehidupan bangsa” Dan dalam hal ini pemerintah kita berusaha agar mewujudkan cita-cita dari bangsa ini salah satunya dengan menggalakkan literasi, numerasi dan adaptasi tehnologi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi guru kelas 3 dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 di MI. Misbahut Tholibin Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang di gunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang di gunakan guru kelas 3 dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 antara lain dengan membaca 15 menit sebelum bel masuk kelas berbunyi, membaca butir-butir pancasila, membaca buku dengan sistem proges setoran ke guru kelas, bercerita tentang pengalaman masing-masing siswa,game tebak kata, game kata bersambung.

 Kata kunci: Strategi guru kelas 3, literasi membaca

References

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., & Prihatminingtyas, B. (2020). Metode Pembelajaran Berbasis Game Untuk. 3(1), 17–22.

Guru, B. (n.d.). Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Senada) Pertama Tahun 2019. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/profile/Diah-Suryarini/publication/342409431_Prosiding_SENADA_PGSD_STKIP_Al_Hikmah_2019/links/5ef2c8fd458515ceb207f28e/Prosiding-SENADA-PGSD-STKIP-Al-Hikmah-2019.pdf

Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.11992

Iskandar, R., & Prastowo, A. (1907). META ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL INSTRUCTIONAL GAMES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH. 18(1), 30–38.

Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/36000/23206

Putri, A. R. S. (2019). Kegiatan Literasi 15 Menit Terhadap Minat Baca Kelas Iv Sd Negeri Salatiga 05. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 61–65. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1447

Sukiyanto, S., Mufidah, E., Maulidah, T., & Nisa’, R. (2021). Pendampingan Gerakan Literasi Masyarakat Melalui Rumah Baca. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.4250

Wahyu Anggraeni, C., Nisma Wulanjani, A., Fadhilia Arvianti, G., & Tidar, U. (2021). ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) PROGRAM LET’S READ LET'S CREATE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR History Artikel. 2(1), 106–111. https://www.instructure.com/canvas/en-

Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 16(2), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6617

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. November.

Downloads

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles