TRANSAKSI E-COMMERCE SEBAGAI PERTAHANAN UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Imanuddin Abil Fida STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Daris Sambiono
  • Fahmi Shiddiqi
  • Saiful Ukamah

DOI:

https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v5i2.146

Abstract

Artikel ini membahas penerapan e-commmerce dalam hal menunjang strategi pemasaran pelaku UMKM di Indonesia pada masa pandemic covid 19 yang terjadi. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif seperti dokumentasi dan kepustakaan. Pandemi telah berdampak besar terhadap aktivitas perekonomian pelaku UMKM sehingga penerapan teknologi digital dalam hal pemasaran perlu untuk dimaksimalkan. Penggunaan e-commerce tentu bukanlah hal baru bagi pelaku ekonomi. Namun, semenjak pandemi peningkatan pengguna e-commerce mencapai 91% menimbulkan persaingan yang ketat bagi pelaku UMKM yang mulai mengubah dunia e-commerce dalam memasarkan produk maupun jasanya ditambah lagi pandemi yang telah mengubah perilaku dan gaya belanja para konsumen. Teknologi digital sebagai solusi yang dapat dimaksimalkan oleh para pelaku UMKM guna mempertahankan usahanya di tengah pandemi dan e-commerce menjadi salah satu pilihan para pelaku UMKM untuk memasarkan produk ataupun jasanya di masa pandemi.

Author Biography

Imanuddin Abil Fida, STAI Muhammadiyah Probolinggo

Prodi Manajemen

References

Farida, N., Naryoso, A., & Yuniawan, A. (2017). Model of Relationship Marketing and E- Commerce

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Pengaruhnya terhadap kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Maksimum, Vol. 1 (No. 1), 1—15.

Hardilawati, W. L. (2019). Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi dan E-Commerce dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(2), 213—222.

Hardilawati, W. L. (2019). The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business.373,8387.

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237.

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.).

Pearson Education Limited.

Ningtyas, P. K., Sunarko, B., & Jaryono. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen, 95—107.

Pradana, M. (2016). Klasifikasi Bisnis E-Commerce di Indonesia. Modus, 27(2), 163.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1—17.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya (Arita L (ed.)). Grasindo. Setyorini, D.

Nurhayati, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501—509.

Tjiptono, F. (2011). Service, Quality & Satisfaction (3th ed.). ANDI. Tripayana, S., & Pramono, J. (2020). Kualitas Produk, Pelayanan, dan Loyalitas

Pelanggan Dimana Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada UKM Start Up Pariwisata. Kombuchi Brewing Co, Bali. Jemap

Asnawi Haris Faulidi. (2004). Transaksi Bisnios E-Commerce Perspektif Islam, (Yogyakarta: Magistra Insania Press)

Muhammad Syafi’i Antonio. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik, (Jakarta: Gema Insani Pess)

Downloads

Published

2021-08-26

Issue

Section

Articles