KAJIAN METODE PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN USIA DEWASA DENGAN PENDEKATAN KONSEP ANDRAGOGI

Authors

  • Heri Rifhan Halili STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v5i2.262

Abstract

Para Ulama menyebutkan bahwa hukum seorang muslim mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar adalah fardhu ‘ain, agar terhidar dari kesalahan yang dapat merubah makna dari ayat yang dibaca. Namun realita dan fakta menunjukkan hal yang berbeda. Institut Ilmu al-Qur’an Jakarta dalam penelitiannya yang dipublikasikan tahun 2018 menyebut, jumlah umat islam di Indonesia yang mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar masih cukup rendah, yaitu berkisar 20% dari total seluruh umat islam yang ada. Salah satu faktor penyebabnya pada kalangan orang dewasa adalah minimnya metode pembelajaran membaca al-Qur’an yang dirancang khusus untuk memenuhi gaya dan psikologi belajar membaca al-Qur’an orang dewasa. Penelitian ini mengkaji tentang metode pembelajaran pembaca al-Qur’an untuk orang dewasa dengan pendekatan konsep andragogi. Menggunakan metode penelitian studi literatur, yang dilakukan dengan menelaah sejumlah jurnal terkait dengan metode pembelajaran al-Qur’an orang dewasa dan seputar pembahasan konsep andragogi, yang kemudian digunakan mengindentifikasi apa permasalahan orang dewasa dalam belajar al-Qur’an, untuk selanjutnya menghasilakan metode pembelajaran membaca al-Qur’an yang sesuai dengan kebutuhan orang dewasa. Hasil penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran al-Qur’an pada orang dewasa dengan pendekatan konsep andragogi dapat dilakukan dengan merapkan sintaks pembelajaran yang disingkat dengan kalimat MUDAHKAN, yaitu: Motivasi, Ulangi sekilas pelajaran lama dan uraikan pelajaran baru, Dibaca - disimak - diulang-ulang, Apresiasi, Hormati, Konsepkan, Arahkan, dan Nilai atau evaluasi.

Author Biography

Heri Rifhan Halili, STAI Muhammadiyah Probolinggo

Dosen STAI Muhammadiyah Probolinggo

References

Abdur, Rahman Wahid; Benny, Prasetiya; Heri, R. H. (2021a). Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an. JURNAL Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(September), 41—46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693

Abdur, Rahman Wahid; Benny, Prasetiya; Heri, R. H. (2021b). Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an. JURNAL Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(2), 41—46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693

Agama, D. (2008). al-Qur’an dan Terjemahannya. Diponegoro.

Aminah, S., Muhammad, I., Wafirrotullaela, W., Thoyib, A., Sanusi, A., Hika, H. H., Hotimah, H., Maulana, S., Khasanah, N., Pranata, I. Y., & Pratiwi, A. (2018). Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Orang Lansia di Padukuhan Tritis (Studi pada Jama’ah Ngaji Bareng Masjid Ar-Rahman Tritis). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 18(2). https://doi.org/10.14421/aplikasia.v18i2.1844

Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy. Junal Qalamuna, 10(2), 107—135.

Hashim, A., Tamuri, A. H., Jemali, M., & Che Noh, A. (2014). Kaedah Pembelajaran Tahfiz dan Hubungannya dengan Pencapaian Hafazan Kaedah Pembelajaran Tahfiz dan Hubungannya dengan Pencapaian Hafazan Pelajar. Journal of Al-Quran and Tarbiyyah, 1(1).

Hendayat, S. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran (Teori, Permasalahan dan Praktik). Universitas Muhammadiyah Malang.

Hidayatullah. (1994). Mutiara al-Qur’an.

Ideharmida, D; Solfema, I. (2018). Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Orang Dewasa (Studi Kasus pada Kelas Talaqqi Dasar dan Talaqqi Plus di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Ash Habul Qur’an Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Spektrum, 1(1). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9465

Kuwait, K. W. dan U. A. (1983). al-Mausu‘ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah. Kementrian Wakaf dan Urusan Agama Kuwait.

Lutfiatul, Jannah; Benny, Prasetiya; Heri, R. H. (2021). PENGARUH METODE QIRO’ATI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’ANSANTRI TPQ HIDAYATUL ULA KETAPANG KOTA PROBOLINGGO. Al-Ibtidaiyah, 2(1), 34—49.

Republika.co.id. (2018). Republika.co.id. Republika.Co.Id.

Rida, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62—70.

Rouf, A. A. A. (2018). Pedoman Dauroh Al-Qur’an Panduan Ilmu Tajwid Aaplikatif. Markaz al-Quran.

Shihab, M. Q. (2001). Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Lentera Hati.

Sihombing, E. (2019). Konsep dan Strategi Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 6(2).

Sudjana, H. D. (2005). Strategi Pembelajaran. Falah Production.

Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1—11.

Tabrani, A. Q. S. bin A. (n.d.). al-Mu’jam al-Ausath —Tabrani, Juz 1. Dar al-Haramaini.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2022-03-14

Issue

Section

Articles