ANALISIS KARAKTER RELIGIUS ANAK DALAM KELUARGA SINGLE PARENT DI KELURAHAN KANIGARAN KOTA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v6i2.332Keywords:
Karakter Religius, Keluarga Single ParentAbstract
Keluarga merupakan pondasi dasar yang menopang bagaimana kehidupan anak akan berlangsung. Di dalam keluarga, anak akan mendapatkan suatu pendidikan dari orang tuanya. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri adanya sebuah tatanan keluarga yang tidak utuh, yang biasanya kita dengar dengan istilah single parent. Menjadi sosok single parent tentulah tidak menjadi alasan untuk tidak menanamkan ataupun mengajarkan pendidikan karakter pada anak, terlebih karakter religius anak. penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter religius anak dalam keluarga single parent serta untuk mengatahui bagaimana penerapan pendidikan karakter religius yang ada dalam keluarga single parent.
penelitian lapangan ini sifatnya kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu tidak peduli keluarga tersebut keluarga yang utuh ataupun keluarga single parent, keluarga tetaplah menjadi faktor terpenting dari keberhasilan penanaman karakter religius anak. Dengan adanya penerapan penanaman karakter sejak dini, dan adanya pembiasaan ini menjadi pendukung pembentuk karakter anak dalam kehidupan sehari-hari, serta pengarahan pada anak, maka karakter tersebut akan lebih mudah terbentuk dan tertanam dalam diri anak. Khususnya karakter religius anak yang benar-benar membutuhkan proses panjang untuk mendapatkannya.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah, H. (2019). PERANAN ORANGTUA DAN GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK. 3(1), 219—250.
Ainissyifa, H. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 213—228. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.949
Awaludin, A. R., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Walisongo, N. (2019). KEGIATAN MENTORING DI SMPIT ROBBANI.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Indarti, D. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDIT JABAL NUR GAMPING.
Irianto, Y. N. (2019). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN SURAT IZIN MENGEMUDI BARU PADA KANTOR SATUAN LALULINTAS POLRES FAKFAK. 305—321.
Prasetiya, B., Hadi, S., & Khoiriyah. (2018). Analisis Kuantitatif korelasi pendidikan agama dalam keluarga dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 91—108.
Rochani, Wahidin, U., & Wartono. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019. 230—239.
Santoso, H. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA MUSLIM (Sebuah Pendekatan Sosiologis). 2(1), 1. https://doi.org/10.22456/2527-2616.94434
Suryati, M., & Solina, E. (2019). Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Dalam Mendidik Anak Di Desa Lancang Kuning Utara. 3(2), 1—9.
Usakli, H. (2018). Behavioral tendencies of single parent students. International Journal of Science Annals, 1(1—2), 21—27. https://doi.org/10.26697/ijsa.2018.1-2.03
 
						


