STRATEGI PEMIMPIN DALAM MEMBANGUN ORGANISASI MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v3i2.55Keywords:
strategi, pemimpin, organisasi, multikultural, pendidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemimpin dalam membangun organisasi multikultural dalam pendidikan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah studi literatur, dengan cara menganalisis dan menggali data dari beberapa sumber yang relevan untuk menemukan beberapa strategi pemimpin dalam membangun organisasi multikultural dalam pendidikan.
Secara konseptual organisasi yang memiliki perspektif multikultural perlu memperhatikan beragam latar belakang anggotanya berdasarkan pada keragaman dan realita kemajemukan. Pemimpin juga harus memahami ini dan menerapkan strategi guna mencapai organisasi multikultural yang sesuai harapan. Pemimpin dapat membangunnya dengan melalui strategi pembiasaan, pendidikan, dan keteladanan. Anggota multikultural harus mendapat kesempatan yang sama yang memiliki manfaat bagi setiap individu dan dikembangkan lebih lanjut. Membangun organisasi multikultural pada dasarnya dalah membangun diri, kelompok, organisai pendidikan tanpa didasari beban, tetapi didasarkan kebersamaan untuk membangun organisasi multikulturalReferences
Al Arifin, A. H. (2012). The implementation of multicultural education in the educational practices in Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 72—82.
Ambarudin, R. I. (2018). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1). https://doi.org/10.21831/civics.v13i1.11075
Anggraini, I., & Setiawan, A. R. (2018). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Hubungan Partisipasi Anggaran dan Kinerja Aparat Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. https://doi.org/10.18202/jamal.2011.08.7122
Antou, D. O. (2013). Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Malalayang I Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 151—159.
Bahar Agus Setiawan, Benny Prasetiya, S. R. (2019). Implementasi Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam: Independensi, Dialog, dan Integrasi. POTENSIA, 5(1), 64—78.
Benny Prasetiya, S. R. (2018). Pendidikan Nilai: Konsep Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Imtiyaz, 2(1), 15—33.
Brury, M. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor SAR Sorong. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 1—16.
Dewi, L. (2014). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Sistem Reward Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 14, 77—97. https://doi.org/10.30596/JRAB.V14I1.157
Kristiawan Kuncono Teguh Yunanto, A. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Peran Budaya Organisasi Terhadap Efektivitas dan Efisiensi Organisasi PEMIMPIN, BUDAYA ORGANISASI DAN PERILAKU ETIS. 14.
Mariam, R. (2009). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening. Universitas Stuttgart.
Munandlir, A. (2016). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal.
Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan islam. Journal of Islamic Education (JIE), III(1), 1—15.
Rofi, S., Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad, 11(2), 396—414.
Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200
Suprapto, D. K. dan W. (2017). Membangun kepemimpinan berbasis nilai-nilai pancasila dalam perspektif masyarakat multikultural. 5740(1).
Supriyanto. (2015). Pengembangan Nilai Multikultural Dalam Kurikulum 2013 Supriyanto. 1(1), 120—138.
Supriyanto, A. (2016). Strategi pemimpin dalam membangun organisasi multikultural. 317—326.
Susanty, A., & Baskoro, S. W. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan. Jati UNDIP Semarang, 7(2), 77—84.
Tri Widodo. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Terhadap Kinerja (Studi pada Pegawai Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga). Among Makarti, 3(5), 14—35.
Ulil, Hidayah, Benny, P. (2019). Multicultural education in madrasah diniyah as prevention of religious conservatism. Jurnal Tarbiyah, 26(1), 168—184. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wijaya, T. (2008). Pengaruh Service Quality Perception and Satisfaction. (2008), 124—135.
 
						


